Tuesday 6 September 2016

Awal Manis Regenerasi ala Riedl

Ada sejumlah hal yang jelas terlihat dalam penampilan timnas melawan Malaysia di stadion Manahan Solo pada 6 September 2009. Aroma regenerasi terasa kentara. Tercatat ada delapan pemain yang melakukan debut. Abdul Rahman, Rudolof Yanto Basna dan Bayu Pradana menjalani debut sejak menit pertama, sementara Indra Kahfi, Abduh Lestaluhu, Ichsan Kurniawan, Irsyad Maulana dan Lerby Eliandri menjadi pemain pengganti. Hanya ada dua pemain yang memiliki angka penampilan bersama timnas Indonesia sudah melewati 20 kali, yaitu Irfan Bachdim dan kapten Boaz Solossa.

Hal yang lain yang signifikan adalah tiadanya pemain naturalisasi di timnas saat ini. Tidak ada Cristian Gonzales, Greg Nwokolo, Sergio Van Dijk, Raphael Maitimo, Bio Paulin, Victor Igboneffo  atau Diego Michiels. Irfan Bachdim bukan pemain naturalisasi karena sejak masih usia 18 tahun di Belanda pun Irfan sudah memegang paspor Indonesia.

Tiadanya striker asing yang tinggi besar agaknya membuat pelatih Alfred Riedl melupakan formasi 4-2-3-1. Boaz Solossa dan Irfan Bachdim berduet di depan dalam formasi 4-4-2. Formasi ini sepertinya memang lebih cocok untuk timnas Indonesia yang gemar menusuk dari sayap.

Timnas Malaysia sendiri sepertinya juga sedang melakukan regenerasi. Hanya ada empat pemain yang punya catatan caps lebih dari 20 kali yaitu Khairil Fahmi Che Mat, Fadhli Shas, Baddrol Bakhtiar dan Muhammad Safawi Rasid. Malaysia sekarang punya pemain naturalisasi kelahiran Australia bernama Matthew Davies.

Dalam pertandingan ini Indonesia segera memimpin dua gol hasil dari keteledoran lini belakang Malaysia. Gol dicetak oleh Boaz Solossa dan Irfan Bachdim. Hanya gol ketiga yang kembali dicetak oleh Boaz yang terjadi murni hasil tekanan berat yang diberikan timnas Garuda.

Malaysia sebenarnya cukup bertaji. Beberapa kali mereka memaksa Andritany Andriyasa bekerja keras menyelamatkan gawangnya. Tapi mereka tidak leluasa menyerang karena harus timnas Indonesia juga melancarkan tekanan-tekanan berat ke gawang mereka.

Bagaimanapun juga, kemenangan 3-0 ini adalah hasil positif untuk memberikan kepercayaan diri pada timnas.


Susunan Pemain

Indonesia

Adritany Ardhiyasa, Abdul Rachman (Muhammad Abduh Lestaluhu 64'), Benny Wahyudi (Indra Kahfi Ardhiyaksa 83'), Fachruddin Wahyudi, Rudolof Yanto Basna (Dedi Gusmawan 73'), Andik Vermansyah, Bayu Pradana, Evan Dimas, Zulham Zamrun (Irsyad Maulana 46'), Boaz Solossa (Lerby Eliandry 46'), Irfan Bachdim (Ichsan Kurniawan 70').


Pelatih: Alfred Riedl.

Malaysia 

Khairil Fahmi Che Mat, Matthew Thomas Davies, Brendan Seng Ling Gan (Veenod Subramaniam 15'), Mohammad Fadhli Mohd Shas (Shahrul bin Mohd Saad 60'), Ronny Harun, Mohd Irfan Fazail, Baddrol Bakhtiar, Mohd Amri Yahaya (Muhammad Fakhrul Aiman bin Sidid 77'), Wan Zack Haikal Wan Nor (Abdul Latiff bin Suhaimi 87'), Mohd Azrif Nasrulhaq, Muhammad Safawi Rasid (Mohd Zaquan Adha bin Abdul Razak 58').

Pelatih:Ong Kim Swee

Referensi:1. https://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia_national_football_team
2. Susunan pemain diambil dari situs juara.net.
3. https://en.wikipedia.org/wiki/Malaysia_national_football_team
4. http://www.kompasiana.com/villa/irfan-bachdim-kembali-jadi-tumpuan-timnas_5518108ea333118007b662b5

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA