Thursday 23 July 2015

Mencari Lawan Sebanding untuk Messi-Suarez-Neymar

Trio penyerang Barcelona menunjukkan performa yang luar biasa musim lalu. Lionel Messi mencetak 58 gol dari 57 penampilan di semua kompetisi. Luis Suárez mencatatkan 25 gol dari 43 penampilan di semua kompetisi. Neymar? Catatannya adalah 39 gol  dari 51 penampilan di semua kompetisi. Total trio MSN mencetak 122 gol musim lalu, kontribusi yang sangat besar untuk membantu Barcelona meraih treble.

Ada sejumlah hal menarik dari trio MSN ini. Ketiga striker haus gol ini berasal dari Amerika Latin. Mereka berasal dari tiga negara kuat sepakbola dunia: Argentina, Brazil dan Uruguay. Ketiga negara itu sama-sama pernah menjadi juara dunia.

Neymar jelas adalah striker nomor satu Brazil saat ini, untuk saat ini tanpa tandingan sepadan. Luis Suarez, jika tidak dalam masa suspensi, juga adalah penyerang paling handal di Uruguay. Satu-satunya "saingan" Suarez di timnas adalah Edinson Cavani (PSG).

Argentina punya banyak striker kelas dunia. Mereka punya pemain kelas satu seperti Sergio Aguero (Manchester City), Gonzalo Higuain (Napoli), Carlos Tevez (Boca Juniors) dan Mauro Icardi (Inter Milan). Tapi sulit dibantah bahwa penyerang andalan nomor satu mereka adalah Lionel Messi.

Apakah kita bisa mendapatkan trio striker lain yang sekelas MSN? Tiga penyerang yang berasal dari tiga negara yang pernah memenangkan piala dunia? Tiga striker haus gol yang masing-masing merupakan striker nomor satu di negaranya.

Tim juara dunia Jerman tidak punya striker kelas satu saat ini. Tiga kandidat terbaik lebih tepat disebut gelandang serang atau penyerang sayap: Mario Götze (Bayern Munich), Lukas Podolski (Galatasaray) dan André Schürrle (Vfl Wolfburg). Rekor gol mereka bertiga juga sampai saat ini kurang mantap.

Kondisinya bahkan lebih buruk lagi di timnas Italia. Performa Mario Balotelli (Liverpool) menurun akhir-akhir ini. Graziano Pellè (Southampton) masih harus membuktikan ketajamannya untuk tim azzuri, pernyataan yang bisa ditujukan juga pada striker lain seperti Ciro Immobile (Borussia Dortmund) dan Simone Zaza (Juventus). Sementara Guiseppe Rossi (Fiorentina) sering terkendala cedera.

Striker terbaik Spanyol terbilang sulit ditentukan. Dari performanya di liga Inggris, Diego Costa (Chelsea) pantas untuk posisi ini. Tapi performanya di timnas Spanyol belum menjanjikan. Penyerang belia Alvaro Morata (Juventus) mungkin lebih pantas dikedepankan. Tapi untuk saat ini, justru penyerang muda lain Paco Alcacer (Valencia) yang sudah mulai menunjukkan ketajaman di timnas. Seandainya mendapatkan kesempatan tampil lebih banyak, Pedro Rodríguez (Barcelona) juga punya potensi.

Untuk Les Bleus, Karim Benzema (Real Madrid) sudah menunjukkan ketajamannya di klub maupun timnas. Belakangan posisinya mulai terancam Olivier Giroud (Arsenal). Antoine Griezman (Atletico Madrid) mungkin adalah pilihan yang lebih menjanjikan melihat usianya yang lebih muda. Dua kuda hitam adalah Nabil Fekir (Lyon) dan Alexandre Lacazette (Lyon).

Striker terbaik Inggris, tak diragukan lagi, adalah Wayne Rooney (Manchester United). Mereka juga punya penyerang muda harapan bangsa, Raheem Sterling (Manchester City), yang mulai menunjukkan ketajaman. Jika tidak rentan cedera, Theo Walcott (Arsenal) juga sangat menjanjikan.

Dilihat dari reputasi saat ini, mungkin trio penyerang terbaik adalah Diego Costa, Wayne Rooney dan Karim Benzema. Mereka mungkin cukup berkualitas untuk menantang trio MSN. Tapi secara realistis, sulit untuk mengumpulkan mereka bertiga di satu klub. Semuanya adalah striker mahal
dan bergaji tinggi yang bermain di tiga klub besar yang ambisius.

Mungkin lebih menarik masalah ini dipersempit ke klub saingan Barcelona Real Madrid. Opsi yang realistis adalah Antoine Griezman, André Schürrle dan Alvaro Morata. Real Madrid masih punya opsi untuk membeli kembali Alvaro Morata dari Juventus tahun depan dengan harga 22 juta poundsterling, dengan catatan mereka harus meyakinkan Morata untuk indah. Sementara Antoine Griezman, mengingat kebiasaan Atletico Madrid selama ini, suatu saat diproyeksikan untuk dijual juga dengan harga mahal. André Schürrle juga diatas kertas juga bisa dibujuk meninggalkan Bundesliga.

Referensi:
1. Foto: Neymar, Luis Suarez dan Lionel Messi pasca mengalahkan Juventus pada final liga Champions 2014-2015.
2. Lionel Messi @ wikipedia.
3. Luis Suárez @ wikipedia.
4. Neymar @ wikipedia.
5. Timnas Jerman @ wikipedia.
6. Timnas Italia @ wikipedia.
7. Timnas Spanyol @ wikipedia.
8. Timnas Perancis @ wikipedia,
9. Timnas Inggris @ wikipedia.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA