Sunday 19 July 2015

Kenapa Chelsea Memilih Falcao

Pilihan Chelsea untuk merekrut Falcao ternyata mengundang keraguan. Striker Kolombia berusia 29 tahun ini sempat menjadi penyerang yang sangat ditakuti, tapi performanya masih belum kembali pasca cedera. Tahun lalu penampilankan yang tidak mengesankan bersama Manchester United. Kira-kira apakah alasan Chelsea untuk menarik Falcao?

Jangan lupa bahwa konteks perekrutan Falcao adalah sebagai pengganti Didier Drogba, yang saat hengkang berstatus sebagai striker pilihan ketiga. Striker utama Chelsea adalah Diego Costa yang tahun lalu mencetak 20 gol dari 26 penampilan di EPL. Sebagai pelapis ada Loïc_Rémy yang musim lalu mencetak 7 gol dari 21 penampilan di EPL. Artinya jika tidak ada masalah cedera, Chelsea tidak perlu bergantung pada performa Falcao.

Karena bintangnya sedang meredup, biaya peminjaman Falcao juga merosot. Chelsea hanya perlu membayar 262.500 poundsterling per minggu. Nilai ini kira-kira hanya 70 persen dari bayaran Falcao tahun lalu di MU, yaitu 380.000 poundsterling.

Radamel Falcao juga tipe striker yang cocok dengan permainan Chelsea, yaitu striker yang mampu bermain sebagai striker tunggal. Bahkan ada yang menyebut Falcao punya peluang menantang Diego Costa sebagai pilihan utama di line depan Chelsea. Terlebih mengingat saat mereka berdua masih bermain untuk Atletico Madrid, adalah Falcao yang menjadi pilihan utama di lini depan.

Tak ada yang meragukan kualitas Radamel Falcao saat berada di penampilan terbaiknya. Falcoa sudah dididik oleh River Plate sejak usia 15 tahun. Rekor golnya untuk FC Porto sangat meyakinkan, 41 gol dari 51 penampilan di liga Portugal 2009-2010 dan 2010-2011. Ketajamannya berlanjut di La Liga saat mencetak 52 gol dari 68 pernampilan untuk Atletico Madrid 2011-2012 dan 2012-2013.

Hanya saja, Radamel Falcao mengalami cedera lutut panjang awal 2014 saat bermain untuk Monaco. Cederanya itu mengharuskan Falcao melewati enam bulan waktu pemulihan dan kehilangan kesempatan untuk bermain di piala dunia 2014. Pasca cedera, permainannya untuk Manchester United musim 2014-2015 belum cukup mengesankan.

Tantangan bagi Mourinho dan tim pelatih Chelsea adalah mengembalikan Falcao ke performa terbaiknya.

Referensi:
1. Foto: Radamel Falcao saat masih memperkuat Atletico Madrid.
2. Chelsea @ wikipedia.
3. Diego Costa @ wikipedia.
4. Radamel Falcao @ wikipedia.
5. Loïc Rémy @ wikipedia.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA