Thursday 17 September 2015

Lionel Messi dan CR7 Berpacu Kembali Di Liga Champions 2015-2016

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah calon legenda sepakbola dunia. Bukan hanya berprestasi dengan klub masing-masing, mereka juga punya prestasi individual yang menakjubkan. Di awal musim ini keduanya memulai liga Champions 2015-2016 sebagai top skorer sepanjang sejarah dengan catatan 77 gol.

Begitu UCL musim ini bergulir, Cristiano Ronaldo langsung melesat dengan tambahan tiga gol saat Real Madrid menghantam Shakhtar Donetsk 4-0 di partai pertama 15 September 2015. Keesokan harinya Lionel Messi gagal mencetak gol saat Barcelona ditahan tuan rumah AS Roma 1-1. Dengan demikian untuk sementara CR7 memimpin sendirian sebagai top skorer sepanjang masa piala/liga Champions dengan catatan 80 gol.

Tentu saja Messi masih bisa berharap mengejar di pertandingan-pertandingan selanjutnya. Apalagi Messi dua tahun lebih muda dari Ronaldo. Jika bisa mempertahankan produktivitasnya, Messi mungkin akan mengungguli CR7 nantinya jika mereka sudah sama-sama pensiun. Tak mengherankan jika nantinya mereka berdua sama-sama bisa mencetak 100 gol atau lebih di liga Champions.

Catatan gol liga Champions Messi dan CR7 jauh diatas para penyerang atau gelandang lain yang masih aktif bermain. Karim Benzema dan Zlatan Ibrahimović sama-sama baru mencetak 43 gol. Thomas Müller baru mencatatkan 30 gol, sementara Wayne Rooney 29 gol.

Soal rasio gol per partai, Messi dan CR7 juga jarang ada tandingannya, bahkan diantara pemain legendaris dari generasi lain. Rasio gol per partai Messi di liga Champions adalah 77%, hasil dari 77 gol yang dicetah dalam 100 pertandingan. Catatan CR7 sedikit lebih rendah yaitu 69% (80 gol/116 partai).

Diantara para pemain yang mencetak minimal 20 gol di piala/liga Champions, hanya dua pemain yang punya rasio gol per partai diatas Messi. Keduanya adalah bintang Real Madrid di dekade 1950-an dan 1960-an. Alfredo Di Stéfano puny catatan 84% (49 gol/58 partai). Rekannya Ferenc_Puskás masih memegang rekor tertinggi dengan 88% (36 gol/41 partai).



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA