Thursday 10 September 2015

Barcelona Rentan Virus FIFA?

Tridente MSN andalan Barcelona semuanya penyerang kelas satu asal Amerika latin. Mereka semua berasal dari negara yang pernah menjadi juara dunia. Saat ini Lionel Messi adalah striker nomor satu Argentina, sebagaimana Neymar nomor wahid di Brazil dan Luis Suarez paling handal di Uruguay.

Tim yang memiliki banyak pemain inti asal Amerika Latin punya masalah pasca international break seperti saat ini. Para pemain mereka harus terbang sekitar 7000 kilometer atau lebih setelah memperkuat tim nasional masing-masing. Kondisi mereka mungkin belum pulih saat tim mereka harus bertanding di lanjutan kompetisi liga. Sementara para pemain asal Eropa menempuh jarak jauh lebih pendek sehingga lebih punya kesempatan untuk memulihkan diri.

Para pemain inti Barcelona asal Amerika latin bukan hanya trio MSN. Ada Claudio Bravo, kiper nasional Peru. Dari Brazil ada bek kanan Dani Alves. Gelandang Javier Mascherano juga masih diandalkan oleh timnas Argentina. Dengan demikian total Barcelona punya enam pemain inti asal Amerika Latin.

Tentu saja semua itu hanya analisis diatas kertas. Bagaimanapun juga Barcelona adalah tim besar yang punya banyak pemain pelapis berkelas untuk diturunkan jika pemain pilihan utama kurang fit atau cedera. Faktanya, musim lalu Barcelona sama sekali tidak bermasalah tampil pasca international week.

Tapi ceritanya berbeda jika harus bertandang ke lawan sekuat Atletico Madrid. Diego Simeone tentunya sudah menganalisis bagaimana Barcelona tersandung oleh Athletic Bilbao di piala super Spanyol. Apalagi gaya permainan Bilbao itu senada dengan gaya Atletico Madrid yang sering tampil dengan intensitas tinggi.

Ketergantungan Atletico Madrid terhadap pemain Amerika latin tidak setinggi Barcelona. Praktis hanya Diego Godin (Uruguay) yang perannya sulit digantikan. Striker rekrutan baru Jackson Martinez (Kolombia) belum mapan di lini depan Atletico. Begitu juga dengan bek kiri Filipe Luis (Brazil) yang baru kembali dari Chelsea.

Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung tanggal 13 September 2015 jam 01:00 WIB.


Foto: Neymar.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA