Wednesday 30 September 2015

"Timnas Belgia" Di Liga Champions

Tim nasional Belgia bisa membuat kesebelasan yang seluruhnya bermain di liga Champions. Ada 16 pemain Belgia yang bermain di liga Champions 2015-2016 pada gameweek pertama. Hebatnya lagi, banyak diantara mereka yang bermain untuk klub besar Eropa.

Tidak banyak tim nasional negara lain yang bisa melakukan hal seperti ini. Inggris misalnya, hanya punya 10 pemain yang bermain di gameweek pertama liga Champions. Argentina sebenarnya punya 18 pemain, tapi tak seorangpun yang berposisi sebagai kiper. Perancis bahkan punya 38 pemain, tapi tiada yang berposisi sebagai penjaga gawang.

Penjaga gawang untuk "timnas Belgia versi liga Champions" ini adalah Matz Sels. Kiper Gent berusia 23 tahun ini belum pernah bermain untuk timnas Belgia, tapi sudah pernah dipanggil ke timnas U17, U18, U19 dan U21. Penjaga gawang terbaik Belgia saat  ini, Thibaut Courtois, sedang cedera sehingga tidak dimainkan oleh Chelsea.

Ada tiga pemain yang berposisi sebagai bek tengah, ketiganya sudah pernah dipanggil timnas Belgia. Yang paling kondang adalah Vincent Kompany, kapten Manchester City. Jason Denayer adalah pemain muda Manchester City juga yang saat ini sedang dipinjamkan ke Galatasaray. Satu nama lagi adalah Nicolas Lombaerts dari Zenit St Petersburg.

Dalam formasi 3-2-3-2 ini terdapat dua orang gelandang bertahan papan atas. Mereka adalah Marouane Fellaini dari Manchester United dan Axel Witsel dari Zenit St Petersburg. Mereka sama-sama gelandang andalan timnas Belgia, masing-masing sudah mengoleksi setidaknya 60 penampilan untuk timnas.

Didepan mereka ada gelandang AS Roma, Radja Nainggeolan. Sayap serang Chelsea yaitu Eden Hazard dipindahkan ke sayap kanan. Radja sudah berkali-kali dipanggil memperkuat timnas Belgia, walaupun posisinya di tim inti belum semantap Hazard. Posisi sayap kiri diserahkan pada Maxime Lestienne dari PSV Eindhoven. Pemain ini belum mencatatkan penampilan di timnas senior, tapi sudah pernah bermain untuk timnas U15, U16, U17, U18, U19 dan U21.

Para penyerang handal Belgia seperti Romelu Lukaku dan Christian Benteke tidak bermain di liga Champions. Karena itulah dua posisi striker dipercayakan kepada dua orang gelandang. Kevin De Bruyne saat ini sedang bersinar di Manchester City, dan sudah mencetak 9 gol dari 35 penampilan untuk timnas Belgia. Satu posisi lagi, walau agak dipaksakan, diberikan pada Thorgan Hazard dari Borussia Mönchengladbach. Adik Eden Hazard baru mencatatkan satu penampilan di timnas Belgia.

Selain Belgia, negara lain yang juga bisa membentuk kesebelasan yang semuanya bermain di liga Champions adalah Belanda, Brazil, Jerman, Italia, Portugal, Rusia, Spanyol, Ukraina dan Belarusia.
.
Catatan: data jumlah pemain masing-masing negara di liga Champions didapatkan melalui fasilitas query di whoscored.com.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA