Wednesday 3 June 2015

Prediksi Pergantian Pemain Inti Pada Partai Kedua Sea Games Melawan Kamboja

Kekalahan 4-2 melawan Myanmar di partai pertama Sea Games 2015 terasa menyesakkan. Harus diakui bahwa timnas bermain buruk dan Myanmar tampil lebih baik. Timnas harus tampil lebih baik di partai-partai berikutnya untuk menjaga peluang lolos ke semifinal.

Berikut adalah prediksi kemungkinan pergantian pemain inti di partai kedua melawan Kamboja. Ada 19 pemain yang dibawa Aji Santoso, yang berarti ada 8 pemain yang mengawali partai melawan Myanmar dari bangku cadangan. Berikut adalah prediksi peluang masing-masing dari 8 pemain itu terpilih menjadi pemain inti melawan Kamboja.

1. Teguh Amiruddin cukup pantas untuk menjadi pilihan utama dibawah mistar saat melawan Kamboja. Muhammad Natshir sebenarnya tida bisa dibilang tampil jelek melawan Myanmar. Hanya saja.

2. Vava Mario Zagalo  juga layak diturunkan sejak menit awal sebagai bek kanan. Syaiful Indra Cahya tidak tampilkan mengesankan menghadapi Myanmar. Sisi kanan pertahanan Indonesia menjadi bulan-bulanan serangan Myanmar.

3. Zalnando sepertinya masih harus menunggu di bangku serangan. Satu gol yang dicetak Abduh Lestaluhu ke gawang Myanmar memberi kesan positif pada bek kiri ini. Abduh agaknya akan tetap dipercaya menjadi bek kiri menghadapi Kamboja.

4. Agung Prasetyo seharusnya mendapat kesempatan menjadi starter melawan Myanmar, terutama mengingat blunder Hansamu Yama yang memudahkan myanmar mencetak gol ketiga. Tapi peluang Agung tak begitu besar karena bagaimanapun juga Hansamu Yama lebih berpengalaman dan punya reputasi.

5. Hargianto layak dimainkan melawan Kamboja. Dari semua gelandang tengah eks Garuda Jaya asuhan Indra Sjafri, Hargianto yang paling cocok mengisi posisi gelandang bertahan. Agak sulit dimengerti kenapa Aji Santoso memainkan Zulfiandi di posisi gelandang bertahan saat melawan Myanmar.

6. Paulo Sitanggang juga layak dimainkan melawan Kamboja. Timnas terlihat kurang ide saat melawan Myanmar dan Paulo bisa membantu dengan kreativitasnya. Kesulitannya, Aji sepertinya lebih suka permainan box-to-box Adam Alis.

7. Ilham Udin layak dimainkan sebagai sayap kiri. Wawan Febrianto tidak banyak memberi kontribusi saat menghadapi Myanmar. Ilham Udin mungkin bisa berbuat lebih jika sudah diturunkan sejak awal.

8. Yandi Sofyan, walaupun buan striker tajam, setidaknya memperlihatkan passion dan kerja keras saat menghadapi Myanmar. Sementara Mukhlis berusaha tampil stylish tapi kurang taktis menghadapi barisan belakang Myanmar. Mukhlis sempat mendapat peluang dalam posisi bebas di kotak penalti tapi tendangannya lemah dan mudah diantisipasi kiper Myanmar.

Setidaknya saya mengharapkan lima diantara mereka menjadi pilihan utama menghadapi Kamboja: Teguh Amiruddin, Vava Mario Zagalo, Hargianto, Paulo Sitanggang dan Ilham Udin.

Referensi: 
1. Gambar, pelatih timnas Sea Games, Aji Santoso.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA