Tuesday 2 June 2015

Brazil menuju Copa America 2015 Tanpa Oscar dan Marcelo

Skuad Dunga yang berangkat ke Copa America berbeda dengan Skuad Scolari di piala dunia 2014. Sejumlah pemain veteran tidak dipanggil lagi seperti Julio Cesar, Maxwell, Maicon, Dani Alves. Yang cukup mengejutkan, nama-nama mentereng seperti Oscar dan Ramires juga tak dibawa. Dari 22 pemain yang dipersiapkan ke Copa America, 13 diantaranya tidak dipanggil ke piala dunia 2015.

Jefferson menjadi pilihan utama dibawah mistar. Sementara Danilo, rekrutan baru Real Madrid, menjadi pelanjut posisi Maicon dan Dani Alves di bek kanan. disisi seberangnya Filipe Luis () agaknya menjadi pilihan pertama setelah Marcelo absen karena cedera punggung.

Perubahan signifikan terlihat di sentral pertahanan. Miranda yang jadi cadangan di piala dunia sekarang tampaknya menjadi pilihan utama Dunga untuk satu posisi di jantung pertahanan. David Luiz dan Thiago Silva harus bersaing untuk menjadi partner Miranda.

Luiz Gustavo yang tadinya dipanggil harus absen karena cedera lutut. Fernandinho dan Elias () menjadi favorit untuk mengisi posisi dua gelandang bertahan. Elias diperkirakan tampil lebih bertahan sementara Fernandinho lebih box-to-box.

Tidak dipanggilnya Oscar membuka pertanyaan mengenai siapa yang akan mengisi posisi dua atau tiga gelandang serang. Satu nama yang sepertinya aman di tim inti adalah Willian. Philippe Coutinho, Douglas Costa dan Roberto Firmino  bersaing memperebutkan tempat di posisi inti.

Lini depan juga masih jadi pertanyaan. Tentu saja Neymar adalah pilihan utama. Pertanyaannya, apakah Brazil akan bermain dengan Neymar sebagai striker tunggal, ataukah Neymar di sayap kiri sementara Diego Tardelli  menjadi striker tunggal, ataukah Neymar berduet di depan dengan salah satu dari Robinho dan Diego Tardelli. Formasi final mungkin baru akan terlihat pada ujicoba melawan Mexico (7 Juni 2015) dan Honduras (10 Juni 2015).

Dunga memimpin Brazil memenangkan delapan pertandingan ujicoba berturut-turut pasca piala dunia 2014. Diantaranya adalah kemenangan 1-0 atas Colombia, 2-0 atas Argentina dan 1-0 atas Chile. Ketiga negara tersebut adalah negara kuat yang mungkin akan menghalangi langkah Brazil menjuarai Copa America 2015.

Brazil tergabung di grup C bersama Kolombia, Peru dan Venezuela. Copa America akan berlangsung dari 11 Juni sampai 4 Juli 2015. Seluruh 26 pertandingan ditayangkan langsung oleh Kompas TV.

Berikut adalah daftar 22 pemain Brazil untuk dikirim ke copa America 2015. Satu pemain lagi untuk menggantikan Luis Gustavo yang cedera masih belum diketahui.



Kiper: Jefferson (Botafogo), Neto (Fiorentina), Marcelo Grohe (Gremio)

Bek: Danilo (Real Madrid), Fabinho (Monaco), Filipe Luis (Chelsea), David Luiz (Paris Saint-Germain), Geferson (Internacional), Marquinhos (Paris Saint-Germain), Miranda (Atletico Madrid), Thiago Silva (Paris Saint-Germain)

Gelandang: Casemiro (Porto), Douglas Costa (Shakhtar Donetsk), Philippe Coutinho (Liverpool), Elias (Corinthians), Fernandinho (Fernandinho), Roberto Firmino (Hoffenheim), Everton Ribeiro (Al-Ahli), Willian (Chelsea)

Penyerang: Neymar (Barcelona), Robinho (Santos), Diego Tardelli (Shandong Luneng)


Referensi:
1. Gambar: Neymar, kapten timnas Brazil.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA