Wednesday 24 June 2015

Kesempatan Robinho Memimpin Serangan Tim Samba.

Dunga sepertinya tidak memproyeksikan timnas Brazil saat ini untuk piala dunia 2018. Mungkin target di copa America 2015 ini adalah untuk mengembalikan kebanggan dan kepercayaan diri Brazil. Ada banyak pemain pilihan utama yang usianya sudah melewati atau mendekati tiga puluh tahun.

Kiper Jefferson sudah 32 tahun. Empat pemain belakang didepannya juga adalah Dani Alves (32), Miranda (30), Thiago Silva (30) dan Filipe Luis (29). Di lini tengah ada Fernandinho (30) dan Elias (30). Tim inti Brazil saat ini terlalu dipenuhi pemain senior daripada darah muda.

Kartu merah dan skorsing empat pertandingan terhadap bintang muda Neymar membuka kesempatan pada satu lagi pemain senior. Itulah Robinho, 31 tahun, pemain AC Milan yang sedang dipinjamkan ke Santos. Saatnya untuk Robinho yang belakangan karirnya meredup untuk menunjukkan kemampuan yang sebenarnya untuk Brazil.

Piliham Dunga menjadikan Robinho sebagai pengganti Neymar cukup beralasan. Seperti halnya Neymar, Robinho bisa ditempatkan sebagai penyerang, sayap atau gelandang serang. Seperti Neymar juga, Robinho bisa bermain di sisi kanan ataupun sisi kiri. Apalagi Robinho sangat berpengalaman. Robinho sudah bermain 97 kali untuk timnas Brazil dan mencetak 27 gol.

Kebetulan mereka sama-sama hasil didikan dari klub yang sama, yaitu Santos. Mereka juga sama-sama pernah menjadi pemain muda nomor satu Brazil yang menarik perhatian klub besar Eropa. Neymar bergabung ke Barcelona tahun 2013 pada usia 21 tahun, Robinho juga dulu pindah ke Madrid tahun 2005 pada usia 21 tahun.

Robinho tampil meyakinkan pada kesempatan pertama, yairu partai menghadapi Venezuela pada 21 Juni 2015. Robinho mencatatkan 3 key passes dalam pertandingan ini, Sepak pojok Robinho disambut tendangan Thiago Silva untuk mencetak gol pertama Brazil. Dalam partai yang berakhir 2-1 ini, situs whoscored.com memberikan nilai 7.61 untuk Robinho. Hasil yang bagus untuk pemain yang harus menyandang beban berat menggantikan ikon Brazil saat ini, Neymar.

Rekaman highlight penampilan Robinho melawan Venezuela bisa dilihat disini. Tantangan berikutnya adalah perempat final Copa America pada 27 Juni 2015 saat Brazil menghadapi Paraguay.

Referensi:1. Foto: Robinho.
2. Robinho @ Wikipedia.
3. Neymar @ Wikipedia.
4. Robinho @ whoscored.com
5. Brazil @ whoscored.com.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA