Monday 1 June 2015

Menanti Prestasi Tim Binaan Menpora

Agak sepi dari perhatian, kejuaraan antar PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) sudah selesai dilangsungkan di Bangka Belitung. Kejuaraan yang berjalan atas restu menpora ini dibuka pada 26 Mei 2015 diikuti oleh 15 propinsi. Tim PPLP Aceh tampil sebagai juara setelah menundukkan tim PPLP Jawa Tengah di final dengan skor 1-0 pada 31 Mei 2015.

Kemenpora punya program lanjutan dari kejuaraan ini. "Hasil Kejurnas ini akan dipilih 25 pemain yang akan digabung SKO Ragunan, untuk diseleksi lagi untuk memperkuat Indonesia pada Kejuaraan Pelajar Asia di Nanjing, China," jelas Koordinator Talent Scouting yang ditunjuk Kemenpora, Subagdja Suihan. Sumber lain justru menyebutkan dari kejuaraan ini sudah terjaring 18 pemain untuk mengikuti seleksi guna persiapan Kejuaraan Asian School 2015 di Thailand, Juli nanti.

Hasil pencarian di mesin pencari google tidak memberikan hasil apapun mengenai kejuaraan pelajar Asia di Nanjing atapun Asian School 2015 di Thailand. Mungkin kedua ajang ini kurang dikenal oleh kalangan umum dan kurang publikasi. Mungin bisa disimpulkan bahwa para pemain terbaik dari kejuaraan antar PPLP ini disiapkan oleh kemenpora untu tampil di satu atau dua turnamen di luar negeri.

Jika menpora serius ingin menjadikan PPLP sebagai basis pengembangan olahraga sepakbola di tanah air, sebaiknya menpora memperbaiki fasilitas PPLP. Dengan demikian kualitas pembinaan PPLP akan membaik dan para atlet terbaik juga datang. Sayangnya menpora sekedar menghimbau pemerintah daerah" untuk memperbaiki fasilitas PPLP.

Saya rasa pemain PPLP itu masuk kategori U16. Sebenarnya kita punya timnas U16 yang menjanjikan dibawah asuhan pelatih Fachry Husaini. Fachry dan timnya blusukan untuk mengumpulkan pemain dari berbagai SSB di seluruh Indonesia. Timnas U16 sanggup mengalahkan Jepang dengan skor 2-1 dalam partai ujicoba pada 15 April 2015. Sayang peluang mereka berkiprah di piala AFF 2015 di rumah sendiri tertutup karena kebijakan menpora yang memancing sanksi FIFA.

Apapun itu, tim pemain-pemain PPLP yang dibentuk menpora akan membawa nama Indonesia di ajang internasional. Semoga mereka dapat meraih prestasi gemilang di ajang-ajang yang diikuti. Dengan demikian menpora dapat menunjukkan prestasinya membina sepakbola.

Reference:
1. Foto: menpora Imam Nahrawi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA