Sunday 31 May 2015

Myanmar, Ujian Berat Evan Dimas cs di Sea Games 2015

Walau sanksi FIFA sudah jatuh, timnas U23 tetap diijinkan tampil di Sea Games 2015 di Singapura. Timnas tergabung dalam grup A bersama Singapura, Myanmar, Kamboja dan Filipina. Ujian pertama dijadwalkan berlangsung tanggal 2 Juni 2015 melawan Myanmar.

Setekah ditinggal Feri Pahabol pasca masalah batalnya partai piala AFC Persipura vs Pahang, pelatih Aji Santoso tinggal punya dua striker, Yandi Sofyan dan Mukhlis Hadi. Saya rasa Aji akan menempatkan Mukhlis Hadi sebagai striker tunggal. Alasannya, karena Mukhlis sudah terbiasa bekerjasama dengan Evan Dimas di lapangan tengah.

Aji memang terkenal menggemari pola 4-2-3-1. Secara tradisional Indonesia menyerang melalui sayap, sementara tim ini punya Evan Dimas untuk menggalang serangan dari lapangan tengah. Formasi 4-2-3-1 bisa mengakomodasi 3 gelandang serang di sayap kanan, sayap kiri dan tengah.

Adanya tujuh eks pemain timnas U19 era Indra Sjafri mengingatkan saat tim Garuda Jaya ditundukkan timnas U19 Myanmar dengan skor 1-2 di Jakarta 7 Mei 2014. Tentu saja timnas U23 Myanmar ini adalah tim yang berbeda, karena tim Myanmar U19 yang menundukkan Evan Dimas cs saat ini sedang tampil di piala dunia U20 di Selandia Baru. Walaupun begitu begitu, saya rasa pelatih Aji Santoso tetap perlu menganalisis rekaman pertandingannya.

Sebagai perbandingan, Indonesia dan Myanmar U23 sama-sama tampil di kualifikasi piala AFC U23 tahun ini. Kedua tim sama-sama mencatat dua kemenangan dan satu kekalahan. Indonesia menang 5-0 atas Timor Leste, unggul 2-0 dari Brunei sebelum dibungkam Korea Selatan 0-4. Myanmar menundukkan China Taipeh 3-0, disusul mengalahkan Hogkong 2-1 sebelum ditaklukkan Australia 1-5.

Berikut adalah 19 pemain yang dibawa Aji Santoso ke Singapura.

NamaKlubPosisiKeterangan
1Muhammad NatshirPersibKiper
2Teguh AmiruddinBarito PutraKiper
3Syaiful Indra CahyaPersijaBek
4Hansamu YamaBarito PutraBek
5Abduh LestaluhuPersijaBek
6Vava Mario ZagaloPersijaBek
7ZalnandoSriwijaya FCBek
8Agung PrasetyoPSMBek
9Manahati LestusenBarito PutraBek/Gelandang
10Adam Alis SetyanoPersijaBek/GelandangKapten
11Paulo SitanggangBarito PutraGelandang
12Ahmad NoviandaniArema CronusGelandang
13Evan DimasPersebayaGelandangWakil Kapten
14Wawan FebriantoPersipasi Bandung RayaGelandang
15ZulfiandiPersebayaGelandang
16Muhammad HargiantoPersebayaGelandang
17Yandi MunawarPersibPenyerang
18Ilham Udin ArmaiynPersebayaGelandang/Penyerang
19Mukhlis Hadi Ning SyaifullohPSMPenyerang

Referensi:
1. Foto: Evan Dimas.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA