Saturday 23 May 2015

Yunani lolos dari ancaman sanksi FIFA, bagaimana Indonesia?

Seperti Indonesia, Yunani sempat terancam terkena sanksi FIFA. Indonesia terancam sanksi FIFA karena menpora Imam Nahrawi membekukan PSSI, sesuatu hal yang dianggap intervensi oleh FIFA. Yunani terancam sanksi karena UU olahraga yang dianggap FIFA merupakah sebuah bentuk intervensi.

Yunani sedang menghadapi masalah kerusuhan dalam pertandingan sepakbola. Saking seriusnya masalah ini sampai membuat penyelenggaran liga Yunani jadi tersendat. Salah satu contoh kasus adalah kerusuhan pada pertandingan Panathinaikos melawan Olympiakos tanggal 22 Februari 2015. Tak heran jika pemerintah Yunani berusaha membuat regulasi untuk mengatasi masalah ini.

Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, menaruh perhatian besar pada masalah ini, Secara spesifik masalah ini ditangani oleh Stavros Kontonis, Deputi Mentri urusan Pendidikan, Budaya dan Agama. "Kita berusaha dengan serius menghindari larangan tim-tim Yunani mengikuti kompetisi international, dengan tim nasional selalu jadi pemikiran utama, kata Kontonis. "Tim nasional bukanlah sebuah klub milik federasi sepakbola Yunani, Tim nasional adalah milik rakyat Yunani dan adalah sumber kegembiraan saat mereka meraih kejayaan".

Yunani bekerja serius untuk menghindari sanksi FIFA. UU olahraga tersebut diamandemen untuk mengakomodasi hal-hal yang menjadi keberatan FIFA. Alhasil FIFA puas dengan UU baru tersebut dan menarik ancaman sanksi.

Mungkinkah pemerintah Indonesia bisa mengikuti langkah pemerintah Yunani untuk menghindari sanksi FIFA? Seperti juga di Yunani, tim nasional Indonesia adalah milik rakyat dan merupakan sumber kegembiraan saat mereka meraih kejayaan.

Referensi:
1. Gambar: PM Yunani, Alexis Tsipras.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA