Thursday 21 May 2015

Asian Games Jakarta 2018 Terancam sanksi FIFA.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bertugas melaksanakan keikutsertaan Indonesia dalam Olimpiade, Asian Games, Sea Games, dan lainnya. KOI adalah anggota Komite Olimpiade Internasional atau IOC. Saat ini ketua umum KOI adalah Rita Subowo,

Rita Subowo juga punya kiprah di dunia sepakbola nasional. Rita disebut berperan melakukan lobby ke FIFA tahun 2013 saat menpora Roy Suryo berusaha menyatukan PSSI. Rita adalah salah satu aktris dibalik layar dari keberhasilan Roy Suryo mendamaikan Djohar Arifin Husin dan La Nyalla Mattalitti.

Menpora Imam Nahrawi agaknya berharap Rita dapat kembali melakukan lobby ke FIFA untuk tidak menghalangi langkahnya membekukan PSSI dan membentuk tim transisi. Sayangnya sepertinya hasilnya tak seperti harapan sang mentri. Menurut Rita, FIFA tetap menginginkan menpora memulihkan legalitas PSSI.

Gawatnya, ancaman sanksi FIFA ternyata tak hanya mengancam dunia sepakbola nasional. Ajang Asian Games 2018 yang direncanakan berlangsung di Jakarta juga terancam. Jika Indonesia terkena sanksi FIFA, tentunya Asian Games 2018 harus berlangsung tanpa sepakbola. Negara-negara Asia yang menjadi peserta tentu keberatan jika Asian Games berlangsung tanpa sepakbola. Bagaimanapun juga sepakbola punya popularitas dan prestise. Karena itu muncul kekhawatiran Jakarta batal jadi tuan rumah Asian Games 2018.

Akan merugikan jika Indonesia gagal menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dunia olahraga tidak bisa menikmati pembangunan arena-arena olahraga baru dan perbaikan arena-arena yang sudah ada. Dunia pariwisata juga tidak bisa mendulang devisa selama berlangsungnya event olahraga Asia tersebut.

Referensi:1. Gambar: Gelora Bung Karno, salah satu arena yang disiapkan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA