Sunday 14 June 2015

Coach Aji, Mainkan Ilham Udin sejak awal melawan Vietnam

Harapan Indonesia untuk meraih medali emas Sea Games 2015 pupus sudah. Thailand menghantam pasukan kita dengan kemenangan besar 5-0. Final akan berlangsung antara dua negara yang mengalahkan Indonesia di Sea Games ini: Thailand vs Myanmar.

Timnas mungkin memang kalah segalanya dari Thailand, tapi cukup beralasan untuk bilang kalau perlawanan timnas tidak maksimal. Tumpulnya opsi serangan dari sisi kiri lapangan karena absennya bek kiri Abduh Lestaluhu memudahkan Thailand menghalau upaya ofensif timnas. Apalagi pilihan utama Aji untuk gelandang sayap kiri adalah Paulo Sitanggang yang aslinya seorang gelandang tengah dan tidak terlihat nyaman menjadi winger. Sementara bek kanan Vava Mario Zagalo "terpaksa" beralih jadi bek kiri.

Untuk sebuah formasi 4-2-3-1 seperti yang dipakai timnas bisa berjalan dengan baik, opsi serangan dari kedua sisi lapangan dan dari lapangan tengah harus bisa diaktifkan. Sebenarnya, timnas Sea Games 2013 punya seorang gelandang sayap kiri murni, yaitu Ilham Udin Armayn. Entah kenapa alumni timnas Garuda Jaya itu seperti diabaikan oleh Aji Santoso. Ilham tidak pernah menjadi pilihan utama dalam lima partai yang sudah dimainkan Indonesia pada Sea Games ini.

Memang Aji tidak perlu memperlakukan istimewa mantan bintang timnas Garuda Jaya seperti Ilham. Tapi kenyataannya, semua alternatif yang dicoba Aji juga tidak tampil mengesankan. Wawan Febrianto yang aslinya gelandang sayap kanan tidak berhasil saat dicoba menjadi gelandang sayap kiri saat menghadapi Myanmar. Paulo Sitanggang yang dipercaya di posisi sayap kiri pada empat partai berikutnya, cenderung tampil lebih ketengah daripada menekan di pinggir kiri lapangan.

Aji sudah memberi isyarat akan melakukan rotasi pada perebutan medali perunggu melawan Vietnam. Apalagi timnas hanya punya waktu  pemulihan sekitar 40 jam usai kekalahan dari Thailand. Secara pribadi, yaitu ingin melihat Natshir Fadhil, Agung Prasetyo, Abduh Lestaluhu, Wawan Febrianto dan Ilham Udin Armayn dimainkan sejak awal.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA