Saturday 13 June 2015

Tanpa Sayap Kiri, Garuda Muda Menghadapi Thailand di Semifinal Games 2015

Timnas akan menghadapi Thailand di semifinal Sea Games 2015 tanpa sayap kiri murni sama sekali, karena Abduh Lestaluhu terkena akumulasi kartu. Vava Mario Zagalo yang direncanakan menggantikannya, posisi aslinya adalah bek kanan. Bek tengah Agung Prasetyo juga akan absen karena akumulasi kartu. Gelandang sayap kiri Ilham Udin Armayn biasanya tidak dipercaya untuk memulai pertandingan sejak menit awal.

Sembilan dari pemain Thailand ikut dalam skuad yang menjuarai Sea Games 2013. Saat itu di final Indonesia mengandalkan bek kanan Alfin Tuasalamony dan gelandang sayap kanan Bayu Gatra. Namun Thailand dapat mengatasi mereka dengan permainan intensitas tinggi, kira-kira seperti yang diperlihatkan Myanmar di pertandingan pertama.

Daya serang Thailand tak perlu diragukan, tercermin dari 15 gol yang sudah dicetak sejauh ini. Tampil defensif juga bukan opsi yang baik, karena kemampuan kita menggalang pertahanan yang tangguh masih kurang. Jangan mengira parkir bus itu sesuatu yang mudah dilakukan, apapagi oleh pemain-pemain Indonesia yang secara instinktif lebih suka keluar menyerang.

Strategi yang lebih baik untuk melawan Thailand adalah passing game ala Indra Sjafri. Hal ini cukup beralasan mengingat banyaknya alumni Garuda Jaya di lini tengah. Tapi tak mungkin semudah itu mengganti strategi dari skema Aji Santoso yang cenderung lebih direct.

Pada akhirnya, soal strategi tetap harus diserahkan pada pelatih Aji Santoso dan timnya. Selamat berjuang untuk timnas U23. Meminjam istilah komentator bola, kami mengharapkan penampilan yang "ganteng maksimal".

Referensi:
1. Foto: pelatih Aji Santoso.
2. "Thailand vs Indonesia - Siapa Kuat Mereka Lolos Ke final!", Harian Bola 13 Juni 2015.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA