Saturday 2 April 2016

Tiada Guardiola, Mou dan Conte Di Liga Champions Musim Depan?

Chelsea, Manchester City dan Manchester United. Tiga nama klub besar EPL. Dalam sebelas musim sejak 2004, juara liga Inggris selalu adalah salah satu dari tiga tim ini.

Tapi sayangnya musim ini ketiga tim raksasa ini tampil mengecewakan. Para manajer jadi pihak yang dituntut tanggung jawabnya. Jose Mourinho sudah dilengserkan dari posisinya di Chelsea dan saat ini digantikan oleh manajer sementara, Guus Hiddink. Masa bakti Manuel Pellegrini di Manchester City juga hanya sampai akhir musim ini. Sementara di Manchester United, posisi Louis Van Gaal sebagai manajer juga tidak aman.

Klub-klub besar tentu butuh manajer dengan reputasi mentereng. Manchester City sudah resmi akan mempercayakan posisi manajer pada Pep Guardiola mulai musim depan. Manajer yang saat ini menangani Bayern Munich sering dianggap salah satu manajer saat ini. Dua gelar juara liga Champions, tiga gelar kampiun la liga dan dua gelar pemuncak bundesliga sudah lebih dari cukup untuk menjelaskan kualitasnya.

Jose Mourinho memang terpuruk musim ini di Chelsea. Tapi reputasinya tetap mentereng dengan koleksi dua gelar juara liga Champions, tiga gelar kampiun EPL, satu gelar pemuncak la liga dan dua gelar jawara serie A. Tak heran disebut-sebut Mou akan menggantikan Louis Van Gaal di Manchester United musim depan,walaupun memang belum ada pernyataan resmi.

Sementara nama yang sering disebut-sebut akan menangani Chelsea musim depan adalah Antonio Conte, pelatih timnas Italia. Prestasi memenangkan tiga gelar serie A bersama Juventus memang mengesankan. Apalagi secara tradisi, Chelsea memang ditangani oleh pelatih Italia seperti Gianluca Vialli, Claudio Ranieri hingga Roberto Di Matteo. Chelsea belum mengumumkan secara resmi siapa manajer mereka untuk musim depan.

Tapi ketiga pelatih ini agak "kurang beruntung". Tim-tim yang disebut-sebut akan mereka asuh saat ini sedang berjuang untuk merebut tiket ke liga Champions musim depan. Secara realistis, agaknya tiga tiket akan jatuh ke tangan Leicester City, Tottenham Hotspurs dan Arsenal. Sementara MU, Chelsea dan Manchester City harus berebut satu tiket tersisa.

Jangan lupa ada West Ham yang juga punya peluang realistis untuk merebut tiker ke liga Champions. Jika West Ham berhasil, maka empat tiket liga champions dari EPL akan dibagikan pada Leicester City, Tottenham Hotspurs, Arsenal dan West Ham. Jika skenario ini terjadi, tidak ada satupun dari MU, Chelsea dan Manchester City yang lolos ke liga Champions. Artinya bisasaja tiada Guardiola, Mou dan Conte di liga champions musim depan.

Tapi berlaga di liga champions atau tidak, kedatangan manajer kelas dunia seperti Guardiola, Mou dan Conte adalah berita bagus bagi EPL. Liga Inggris musim depan akan diramaikan oleh manajer-manajer sehebat Antonio Conte, Arsene Wenger, Claudio Ranieri, Jose Mourinho, Jürgen Klopp, Mauricico Pochettino, Pep Guardiola, Roberto Martinez, Ronald Koeman dan Slaven Bilic,

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Premier_League
https://en.wikipedia.org/wiki/Pep_Guardiola
https://en.wikipedia.org/wiki/Jos%C3%A9_Mourinho
https://en.wikipedia.org/wiki/Antonio_Conte

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA