Wednesday 20 April 2016

ESPNFC, Evan Dimas dan Sanksi FIFA terhadap Indonesia

Situs ESPNFC Asia memuat artikel tentang Evan Dimas dan sanksi FIFA terhadap Indonesia. Artikel ini ditulis oleh John Duerden, koresponden sepakbola untuk EPSN Asia. Dia juga bekerja untuk BBC Radio, The Guardian dan World Soccer.

Duerden menganggap ketidakberhasilan Evan Dimas menembus la liga sebagai sesuatu yang wajar. Selama ini baru ada satu pemain asia yang sukses di la liga, yaitu Javad Nekounam dari Iran. Pemain sekelas Shunsuke Nakamura saja tidak sukses di Espanyol.

Setidaknya Evan Dimas mendapat pengalaman berharga di Espanyol. Sejumlah pelatih di Spanyol memuji sikap dan semangat Evan Dimas untuk mengembangkan diri. Walau begitu, Duerden menyayangkan pilihan pemuda 21 tahun ini untuk pulang ke Indonesia.

Kondisi sepakbola Indonesia yang masih dalam sanksi FIFA menjadi penyebabnya. Sedikit banyak hal ini akan berpengaruh buruk pada perkembangan pemain muda berbakat seperti Evan. Menurut Duerden Evan seharusnya bisa berkompetisi di liga Malaysia, Thailand atau bahkan Korea Selatan.

Denga ekstrim Duerden menyebut bahwa terlibat dalam kisruh sepakbola Indonesia bisa menihilkan pelajaran yang sudah didapat Evan di Spanyol. Duerden juga mendorong para talenta Indonesia lainnya untuk merantas mencoba berkarir di negeri orang.

Referensi:
http://www.espnfcasia.com/blog/football-asia/153/post/2853131/indonesia-evan-dimas-returns-home-after-espanyol-trial

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA