Wednesday 6 April 2016

Akankah ISC berlangsung tepat jadwal?

ISC adalah kompetisi sepakbola yang dianggap merupakan pengganti ISL, setidaknya untuk sementara. Para peserta kompetisi ini sama dengan para peserta ISL. Kompetisi yang diselenggarakan oleh PT Gelora Trisula Semesta GTS) itu dijadwalkan akan bergulir mulai 16 april nanti.

Pada penutupan piala Bhayangkara, presiden Jokowi membahas tentang "turnamen jangka panjang yang melibatkan 70-80 klub elite di tanah air". Menpora Imam Nahrawi membenarkan bahwa ini adalah lampu hijau untuk ISC. Menurutnya karena PT GTS sebelumnya dapat menjalankan piala Bhayangkara, tentunya dengan prosedur yang sama PT GTS juga bisa menggelar ISC.

Tapi ternyata BOPI belum merestui digelarnya ISC. BOPI mensyaratkan adanya restu dari tim transisi. Agaknya BOPI mengabaikan fakta bahwa putusan kasasi MA telah memenangkan PSSI dalam kasus pembekuan oleh menpora.

Sementara tim transisi menyebut bahwa tanpa izin pihaknya, ISC tidak bisa bergulir. Cheppy Hartono dari tim transisi mengklaim bahwa kepolisian tidak mungkin mengeluarkan izin keramai tanpa rekomendasi dari tim transisi. Lebih lanjut Cheppy menyatakan bahwa ISC tidak mungkin berlangsung sesuai jadwal karena tim transisi butuh waktu setidaknya dua bulan untuk melakukan verifikasi.

Sementara itu juru bicara kemenpora Gatot S Dewa Brto menyatakan bahwa pihaknya tidak bakan mempersulit izin pelaksanaan ISC.

Referensi:
Sinyal Positif - Pemerintah Dukung ISC - harian TopSkor edisi 6 April 2016
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/04/06/22073922/tim-transisi-tidak-mungkin-isc-bergulir-sesuai-jadwal?ICID=SP
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/04/01/21905692/bopi-pertanyakan-legal-standing-dari-isc?ICID=AR_RS_2
http://www.mediaindonesia.com/news/read/38547/pemerintah-janjikan-izin-isc/2016-04-06

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA