Thursday 7 April 2016

Kekalahan Pertama Barcelona Tahun ini

Kekalahan Barcelona 1-2 pada 2 April 2016 lalu punya arti penting bukan karena lawannya adalah Real Madrid. Barcelona saat ini dikenal sebagai tim yang sangat kuat dan punya peluang untuk mencatatkan diri sebagai tim satu-satunya yang mampu menjuarai liga champions dua tahun berturut-turut. Klub-klub besar eropa tentunya tidak meluputkan kekalahan perdana Barcelona ini untuk menganalisis apakah Barcelona punya kelemahan yang bisa dieksploitasi.

Di bawah asuhan Luis Enrique, formasi 4-3-3 Barca sering terlihat seperti 3-4-3 karena Dani Alvers "terlalu maju". Formasi ini juga bisa terlihat seperti 3-1-3-3 dengan Sergio Busquets menjaga poros halang di belakang Alves-Iniesta-Rakitic. Singkat kata, Luis Enrique lebih senang mengekploitasi daya gedor Dani Alves daripada mamainkannya sebagai bek kanan konvensional.

Barcelona a la Luis Enrique tidak seperti zaman Pep Guardiola yang memainkan tiki taka. Enrique agaknya tidak mementingkan berapa banyak operan yang dimainkan. Sementara Barcelona selama ini dikenal dengan kehandalan permainan dari kaki ke kaki, Barcelona a la Luis Enrique sering menggunakan umpan panjang lambung akurat untuk merobek pertahanan lawan. Setidaknya itulah yang terlihat pada partai el classico ini.

Barcelona seharusnya sudah memimpin sejak menit 9, saat Neymar yang menerima umpan panjang di sayap kanan membawa bola masuk kotak penalti. Bintang Brazil ini lalu memberikan umpan matang pasa Luis Suarez. Sayangnya Suarez justru gagal menyambut umpan tersebut

Aktor utama Barcelona di babak pertama adalah Ivan Rakitic dan Neymar. Rakitic bekerja keras di lini tengah Barcelona untuk meredam serangan Madrid dan membantu serangan timnya. Di menit 18 Rakitic sukses mencuri bola diluar kotak penalti Madrid, sayang tembakannya bisa diselamatkan Keylor Navas.

Neymar tampil gemilang di lini depan Barcelona. Striker Brazil ini berperan dalam banyak serangan Barcelona. Neymar bisa ada di sayap kanan, sayap kiri  atau menerobos ke kotak penalti.

Barcelona tampil lebih dominan di babak pertama. Sayangnya dari sekian peluang, tidak satu pun yang bisa dikonversi menjadi gol. Babak pertama berakhir imbang dengan skor kacamata.

Di awal babak kedua Barcelona memdapat kesempatan menekan. Setelah serangkaian serangan, Barcelona mendapatkan sepak pojok di sayap kiri pertahanan Real Madrid. Umpan lambung Ivan Rakitic disundul masuk oleh Gerard Pique. Skor 1-0 untuk Barcelona.

Setelah itu Marcelo unjuk gigi. Jika Dani Alves adalah bek sayap yang posisinya "terlalu maju", Marcelo adalah bek sayap yang sering berganti posisi menjadi gelandang tengah ekstra. Adalah aksi Marcelo menusuk dari tengah yang membuka jalan bagi Gareth Bale, yang lalu memberikan umpan pada Karim Benzema, yang menyelesaikannya dengan cantik. Skor imbang 1-1.

Kesalahan yang dilakukan Luis Enrique adalah penggantian Ivan Rakitic dengan Arda Turan di menit 74. Ivan Rakitic adalah jantung permainan Barcelona untuk penyerangan dan pertahanan, sementara Arda Turan selama ini lebih dikenal sebagai gelandng serang. Agaknya Arda Turan belum mampu untuk menggantikan peran Rakitic.

Setelah itu lini tengah Barcelona seperti tak mampu menghadapi gempuran cepat Madrid. Rangkaian umpan Madrid berakhir dengan umpan manis Cristiano Ronaldo yang ditanduk masuk oleh Gareth Bale. Sebuah gol yang bersih, tapi entah kenapa dianulir.

Tetap saja dominasi Madrid tak terbantahkan. Skema serangan serupa kembali terulang. Kali ini Cristiano Ronaldo yang mengetarkan gawang Claudio Bravo. Skor 2-1 untuk tim tamu Real Madrid.

Barelona masih punya peluang untuk membalas di menit-menit akhir. Tapi peluang Neymar di kotak penalti gagal diselesaikan dengan baik. Pertandingan berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Madrid.

Kalau boleh disimpulkan, dalam pertandingan ini sebenarnya tidak terlihat titik lemah Barcelona. Hanya saja Luis Enrique melakukan kesalahan sangat mengganti Ivan Rakitic dengan Arda Turan. Itulah faktor krusial yang menentukan hasil akhir pertandingan ini.

Berikut adalah rekaman lengkap pertandingan ini.


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_FC_Barcelona_season
https://www.whoscored.com/Teams/65
https://www.whoscored.com/Matches/985768/Live

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA