Friday 8 April 2016

Pertarungan Gelandang Serang - EPL Big Match Pekan 33 West Ham vs Arsenal

West Ham musim ini menjelma menjadi tim kuat di EPL. Di bawah asuhan Slaven Bilić, West Ham saat ini berada di posisi keenam klasemen sementara. West Ham masih punya peluang untuk menyelesaikan kompetisi di empat besar di lolos ke liga champions musim depan.

Keistimewaan West Ham mungkin terletak pada para gelandang serangnya. Kualitas mereka cukup mumpuni untuk dibandingkan dengan gelandang serang elit di EPL. Jangan heran jika musim depan ada gelandang serang andalan West Ham yang pindah ke klub besar dengan harga transfer mahal.

Sementara Arsenal yang akan dijamu West Ham akhir pekan ini tentu saja punya pemain-pemain hebat. Arsenal bahkan punya gelandang serang terkenal yang didatangkan dengan biaya transfer mahal. Menjelang pertemuan kedua tim ini, agaknya menarik untuk membandingkan kualitas para gelandang serang kedua tim.
Nama Klub Tinggi Penampilan Akurasi Umpan Gol Assist
Mesut Özil Arsenal 183 29 86.50% 5 18
Manuel Lanzini West Ham 167 17(2) 89.20% 6 1
Di belakang striker, Arsenal punya gelandang serang kelas dunia bernama Mesut Özil. Kualitas gelandang Jerman ini tidak perlu diragukan. Dia adalah raja assist EPL musim ini dengan torehan 18 assist.

Di posisi ini West Ham punya gelandang 23 tahun asal Argentina bernama Manuel Lanzini. Sebagai pemain muda yang baru masuk musim ini, wajar jika dia harus berjuang untuk meraih posisi inti. Jadi wajar saja jika dia baru tampil 17 kali sebagai starter musim ini. Lanzini mungkin bukan saingan Özil dalam hal assist, tapi Lanzini punya catatan gol lebih banyak, walaupun partai yang dimainkan jauh lebih sedikit.

Nama Klub Tinggi Penampilan Akurasi Umpan Gol Assist
Alexis Sánchez Arsenal 168 21(2) 80.60% 8 4
Enner Valencia West Ham 174 10(5) 75.90% 4 2

Sayap kanan Arsenal juga seorang bintang kelas dunia. Bintang Chile Alexis Sánchez belakangan sering dipercaya sebagai sayap kanan, walaupun dia juga mampu tampil bagus sebagai sayap kiri. Delapan gol dan dua assist adalah catatan yang bagus.

Enner Valencia, Pemain West Ham di posisi ini memang kurang terkenal, tapi statistiknya cukup bisa bersaing dengan Sánchez. Catatan empat gol dan dua assist memang persis setengahnya Sánchez. Tapi jangan lupa bahwa pemain Ekuador ini hanya tampil sebagai starter dalam 10 penampilan, sementara Sánchez dapat kesempatan tampil 21 kali sebagai starter.
Nama Klub Tinggi Penampilan Akurasi Umpan Gol Assist
Alex Iwobi Arsenal 180 2(5) 81.80% 2 0
Dimitri Payet West Ham 175 23(1) 80.30% 9 8
Di sayap kiri Arsenal punya Alex Iwobi, gelandang 19 tahun asal Nigeria. Pemain ini mencetak dua gol pada dua partai EPL terakhir menghadapi Everton dan Watford. Dengan kehadirannya, Arsenal jadi punya tiga opsi penyerang atau gelandang  pencetak gol yatu Giroud, Alexis Sánchez dan Iwobi.

Ini adalah posisi untuk pemain terbaik West Ham, Dimitri Payet. Pemain Perancis ini sudah mengoleksi 9 gol dan 8 assist, menunjukkan bahwa dirinya adalah gelandang yang kompleks. Dia dianggap sebagai bintang baru sepakbola Perancis dan berpeluang besar untuk dipanggil timnas ke piala eropa 2016.

Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Boleyn Ground pada sabtu 9 April 2016 jam 18:45 WIB, ditayangkan langsung oleh TV berbayar BeINSports 3.

Referensi:
https://www.whoscored.com/Regions/252/Tournaments/2/England-Premier-League
https://www.whoscored.com/Teams/13
https://www.whoscored.com/Teams/29
https://www.whoscored.com/Matches/1035332/Live
https://www.whoscored.com/Matches/959863/Live
https://www.whoscored.com/Matches/959895/Live
https://www.whoscored.com/Matches/959855/Live
https://www.whoscored.com/Matches/1058215/Live
https://www.whoscored.com/Matches/959869/Live
https://en.wikipedia.org/wiki/Manuel_Lanzini
https://en.wikipedia.org/wiki/Enner_Valencia
https://en.wikipedia.org/wiki/Alex_Iwobi

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA