Monday 11 April 2016

Ofensif Kolektif ala Wolfsburg

Musim 2014-2015 adalah musim yang gemilang bagi Wolfburg asuhan Dieter Hecking. Mereka mampu menjuarai DFB Pokal dan DFL Supercup. Walaupun terpaut 10 angka dari Bayern Munich, Wolfsburg menyelesaikan kompetisi bundesliga sebagai peringkat kedua dan lolos ke liga champions.

Tampil di liga champions bukan hal yang mudah bagi tim seperti Wolfsburg yang bukan langganan  UCL. Saat ini posisi mereka di klasemen bundesliga terperosok di posisi ke 8. Tapi mereka justru mencatatkan prestasi mengesankan di ajang liga champions: lolos ke perempat final dan mengalahkan Real Madrid 2-0 di partai pertama perempat final.

Hal yang menarik dari Wolfsburg adalah banyaknya gelandang serang berkualitas yang mereka miliki. Mereka punya Julian Draxler, Vieirinha, André Schürrle, Max Kruse, Maximilian Arnold dan Bruno Henrique. Banyaknya pilihan memudahkan Wolfsburg untuk memilihkan tiga gelandang serang dalam formasi 4-2-3-1.

Tidak satupun dari nama-nama diatas yang terlihat terlalu menonjol. Setidaknya begitulah yang terlihat dari catatan gol dan assist mereka. Mereka juga tidak terlalu mengandalkan penyerang tunggal Bas Dost untuk menjebol gawang lawan. Saat menghadapi Read Madrid pekan lalu, Wolfsburg malah memainkan André Schürrle sebagai striker tunggal.

Komandan di lini gelandang bertahan adalah gelandang veteran Brazil Luis Gustavo, bekerjasama Josuha Guilavogui. Di belakang mereka adalah dua bek tengah veteran Brazil: Dante dan Naldo. Di bawah mistar ada mantan kiper utama timnas Swiss, Diego Benaglio.

Opsi serangan Wolfsburg juga datang dari bek sayap. Bek kanan Christian Trasch punya kemampuan mendukung serangan dengan umpan silang. Bek kiri Ricardo Rodriquez lebih komplet lagi. Selain umpan silang, Ricardo Rodriquez juga mampu melakukan dribble atau mengeksekusi set-piece.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Dieter_Hecking
https://en.wikipedia.org/wiki/2012%E2%80%9313_VfL_Wolfsburg_season
https://en.wikipedia.org/wiki/2013%E2%80%9314_VfL_Wolfsburg_season
https://en.wikipedia.org/wiki/2014%E2%80%9315_VfL_Wolfsburg_season
https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_VfL_Wolfsburg_season
https://www.whoscored.com/Teams/33
https://www.whoscored.com/Players/20626
https://www.whoscored.com/Players/61610
https://www.whoscored.com/Matches/1063403/Live
https://www.whoscored.com/Players/279575
https://www.whoscored.com/Players/96449

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA