Monday 1 February 2016

Dibukanya Liga Profesional Timor Leste Memikat Pesepakbola Indonesia

Liga sepakbola profesional Timor Leste akan dimulai musim ini. Namanya adalah Liga Futebol Amadora. Liga ini akan diikuti 12 tim di kasta tertinggi dan 9 tim kasta kedua.

Tim-tim yang mengikuti Liga Futebol Amadora ini murni dimiliki oleh pengusaha-pengusaha Timor Leste sendiri. Biaya transportasi seharusnya rendah Timor Leste bukan negara yang besar karena sebagian besar daerah Timor Leste dapat dijangkau dengan transportasi darat. Gaji para pemain lokal juga seharusnya tidak begitu tinggi, tak seperti para pemain Indonesia yang dulu terlanjur digaji tinggi saat klub-klub ISL masih diperbolehkan memakai dana APBD.

Penduduk Timor Leste sekitar 1.2 juta jiwa, kira-kira setengah dari jumlah penduduk Bandung. Jumlah penduduk yang tidak banyak itu diperebutkan oleh 12 klub kasta tertinggi Liga Futebol Amadora, Sepertinya sudah sangat bagus jika rata-rata ada lima ribu penonton menonton satu pertandingan Liga Futebol Amadora. Untuk saat ini lebih realistik bagi klub-klub peserta untuk berinvestasi membangun liga profesional daripada berharap keuntungan finansial segera datang.

Mudah dimengerti jika sejumlah pemain Indonesia tertarik bergabung dengan klub peserta Liga Futebol Amadora. Tampil di Timor Leste akan menjamin penghasilan mereka selama setahun, hal yang tidak bisa dipenuhi oleh turnamen demi turnamen dalam rencana menpora. Jika kemampuan mereka berada diatas rata-rata pemain lokal Timor Leste, mereka layak untuk berlaga sebagai pemain asing di Liga Futebol Amadora.

Saat ini Titus Bonai, Patrich Wanggai, dan Abdul Rahman sudah bergabung dengan Karteku Dili FC. Sementara Okto Maniani sudah resmi memperkuat Carsae FC.

Referensi:
http://www.goal.com/id-ID/news/1367/asia/2016/01/21/19531722/lima-hal-yang-perlu-diketahui-dari-liga-timor-leste
http://www.tribunnews.com/superskor/2016/01/29/liga-futebol-amadora-timor-leste-rasa-portugal-dan-brazil
http://www.kompasiana.com/arditaher/liga-sepakbola-profesional-segera-hadir-di-timor-leste_569fe63abc22bd8b07b8b769
https://en.wikipedia.org/wiki/East_Timor
https://en.wikipedia.org/wiki/Bandung
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/01/30/19814122/resmi-oktovianus-maniani-gabung-klub-timor-leste-carsae-fc

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA