Wednesday 3 February 2016

Banjir Dana Dari Liga Cina

Bulan Januari adalah waktu untuk bursa transfer musim dingin. Biasanya klub-klub yang merasa perlu menambah kekuatan mencari pemain baru di masa itu. Ada perlu tambahan kekuatan ntuk mengejar gelar, ada yang untuk menghindari degradasi, atau karena banjir cedera.

Ternyata ada fenomena mengejutkan Januari 2016 ini. Ternyata liga yang paling royal melepas dana untuk mendatangkan pemain justru liga Cina. Sampai tanggal 27 Januari, tim-tim liga Cina sudah mengeluarkan dana perekrutan pemain sebesar 136.25 juta Euro. Nilai ini lebih besar dana yang transfer musim dingin tim-tim EPL yang hanya 116 juta euro.

Hebatnya, sejumlah pemain yang direkrut oleh tim-tim Cina ini adalah pemain-pemain papan atas. Nilai transfer untuk pemain-pemain tersebut jelas tidak kecil. Para pemain dimaksud juga relatif masih muda, masih dibawah 30 tahun.

Investasi besar-besaran ini mungkin akan membuat pamor liga Cina makin berkibar di Asia. Saat ini juara bertahan untuk liga Champions Asia adalah klub Cina, Guangzhou Evergrande. Diatas kertas, bertambahnya pemain bintang akan membuat persaingan di liga Cina semakin menarik dan klub-klub Cina akan makin sulit dikalahkan di kompetisi Asia.

Berikut adalah sejumlah pemain bintang yang didatangkan klub-klub Cina di bursa transfer awal tahun:
1. Jackson Martinez  (29 tahun) didatangkan Guangzhou Evergrande dari Atletico Madrid dengan nilai transfer 45.8 juta Dollar.
2. Ramires (28) didatangkan Jiangsu Suning FC dari Chelsea dengan nilai transfer 28.5 juta Dollar.
3. Fredy Guarin (29) didatangkan Shanghai Greenland Shenhua dari Internazionale dengan nilai transfer 14 juta Dollar.
4. Paulinho (27) didatangkan Guangzhou Evergrande dari Tottenham Hotspurs dengan nilai transfer 14 juta Dollar.

Referensi:
1. http://www.goal.com/en/news/11/transfer-zone/2016/01/27/19733692/china-the-biggest-spending-nation-in-january-transfer-market
2. http://edition.cnn.com/2016/02/01/football/chinese-super-league-football-ramires-paulinho-guarin-gervinho/
3. https://en.wikipedia.org/wiki/Jackson_Mart%C3%ADnez

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA