Wednesday 10 February 2016

Berharap Timnas Garuda Jaya Tampil Di Asian Games 2018

Pembekuan PSSI oleh menpora yang disusul sanksi FIFA terhadap Indonesia membawa dampak serius. Indonesia tidak bisa tampil di kualifikasi piala dunia 2018 dan piala Asia 2019. Piala dunia dan piala Asia adalah ajang yang sangat penting dalam penentuan peringkat Fifa. Komputasi eringkat Fifa memberi bobot besar untuk pertandingan kompetitif yang diakui Fifa, yang dalam konteks timnas adalah piala dunia dan piala Asia. Akibat timnas tidak tampil di penyisihan piala dunia, peringkat Fifa timnas Indonesia merosot tanpa kesempatan memperbaiki.

Kerugian juga dialami talenta-talenta muda tanah air. Timnas U19 dan U16 asuhan Fachri Husaini batal menjadi tuan rumah kejuaraan AFF. Padahal saat itu masyarakat sedang antusias pada sepakbola usia belia menyusul prestasi timnas U19 angkatan Evan Dimas, yang dikenal dengan julukan timnas Garuda Jaya.

Jika sanksi berlangsung lama, timnas U23 terancam hanya menjadi penonton Asian Games 2018 di rumah sendiri. Walaupun tuan rumah, timnas U23 tetap perlu restu FIFA untuk tampil di Asian Games 2018. Jika sanksi FIFA masih berlaku menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018, timnas U23 terpaksa absen.

Jika dapat tampil di Asian Games 2018, Indonesia punya timnas Garuda Jaya. Mereka adalah timnas U19 yang menjadi juara piala AFF U19 tahun 2013 dan lolos ke piala AFC U19 tahun 2014. Evan Dimas adalah ikon tim ini. Diantara rekan-rekannya adalah Putu Gede, Hansamu Yama Pratama, Hargianto, Paulo Sitanggang dan Ilham Udin Armayn.

Rekan-rekan seangkatan mereka yang dulu jarang atau tidak mendapat kesempatan juga mulai unjuk gigi. Rudolof Yanto Basna tampil kokoh di jantung pertahanan bersama Mitra Kukar. Bagas Adi Nugroho juga tampil trengginas bersama Semen Padang. Jangan lupakan juga tiga pemain Persib yang berlatih ke Internazionale yaitu Febri Haryadi, Gian Zola dan Jujun Saepulloh.

Untungnya, sepakbola Asian Games tidak mengenal babak kualifikasi. Para stakeholder sepakbola indonesia masih punya waktu untuk menyelesaikan sengketa secepatnya.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/2019_AFC_Asian_Cup_qualification
https://en.wikipedia.org/wiki/Football_at_the_2014_Asian_Games

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA