Sunday 1 November 2015

PS TNI Menuju Piala Jendral Sudirman

PS TNI adalah tuan rumah piala Jendral Sudirman, karena piala Jendral Sudirman memang diselenggarakan oleh institusi TNI. Piala Sudirman ini juga akan diikuti oleh 14 tim ISL. Sekalipun merupakan satu-satunya yang bukan klub ISL, tidak berarti PS TNI akan menjadi bulan-bulanan lawannya.

Keputusan menpora membekukan PSSI disusul oleh jatuhnya sanksi FIFA adalah pukulan berat bagi sepakbola kita. Industri sepakbola Indonesia yang menjadi harapan untuk mendapatkan kehidupan yang layak sudah oleh. Sejumlah talenta muda Indonesia mulai memikirkan alternatif lain untuk masa depannya.

Bergabung dengan TNI menjadi pilihan yang sangat rasional. Status sebagai anggota TNI berarti para pemain ini tidak kehilangan pekerjaan saat pesnsiun dari lapangan hijau. Apalagi jika mendapat izin dan memenuhi persyaratan, anggota TNI tetap diizinkan berkiprah di kompetisi sepakbola profesional.

Sebagaimana banyak diberitakan, sejumlah talenta muda mendaftar masuk TNI. Diantara mereka adalah Ravi Murdianto (kiper), Manahati Lestusen (bek tengah/gelandang bertahan), Abdug Lestaluhu (bek kiri), Wawan Febrianto (gelandang sayap), Ahmad Noviandani (gelandang sayap) dan Dimas Drajad (penyerang), Mereka semua pernah memperkuat timnas U19 dan/atau U23.

Materi pemain masih diperkuat lagi dengan delapan pemain PSMS yang merupakan anggota TNI, yang berkontribusi membawa PSMS menjadi juara piala kemerdekaan. Mereka adalah Choirul Hidayat (bek), Riki Istianto (bek), Wanda Syahputra (bek), Jaya Hartono (gelandang bertahan), Asrul Reza (gelandang bertahan), Suhandi (gelandang serang), Guntur Triaji (gelandang sayap) dan Erwin Ramdani (gelandang sayap). Mereka bsa dipanggil ke PS TNI jika ada perintah atasan.

Sebagai anggota TNI, pelatih PSMS Suharto juga disebut-sebut akan menjadi pelatih PS TNI. Jika hal ini benar, tugas Suharto adalah memadukan para pemain asuhannya di PSMS Medan dengan para pemain non PSMS. Hal ini harus bisa dilakukan dengan cepat karena piala Jendral Sudirman dijadwalkan digelar beberapa minggu lagi.

Walaupun materi pemain PS TNI cukup bagus, agaknya sulit untuk difavoritkan menjadi juara. Semua pemain PS TNI adalah anggota TNI, yang berarti watga negara Indonesia. Sementara tim-tim lain diperkuat sejumlah pemain asing di piala Jendral Sudirman ini.

Dalam situasi saat ini, keberadaan PS TNI adalah aset yang berharga sepakbola Indonesia.

Referensi:
1. http://bola.liputan6.com/read/2350319/psms-bantah-ubah-nama-jadi-ps-tni.
2. http://medansatu.com/berita/11125/psms-gunakan-nama-ps-tni-ini-penjelasan-pangkostrad/.
3. http://medansatu.com/berita/11125/psms-gunakan-nama-ps-tni-ini-penjelasan-pangkostrad/.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA