Sunday 8 November 2015

Isu Gerakan Kemerdekaan Catalan tidak Sampai Ke MotoGP?

Gerakan yang menginginkan kemerdekaan Catalan sudah terasa di dunia sepakbola. Gerard Pique adalah pemain yang secara terbuka terkesan mendukung kemerdekaan Catalan. Hal ini menyulut kecaman para suporter timnas Spanyol pada bek yang kerap memperkuat La Furia Roja ini.

Klub Pique, Barcelona, bisa dibilang salah satu ikon Catalan. Persaingan Barcelona vs Real Madrid sering diasosiasikan sebagai Catalan vs Castilla. Jika Catalan merdeka, diperkirakan timnas Catalan akan didominasi pemain Barcelona atau didikan Barcelona.

Aura gerakan kemerdekaan Catalan ini agaknya tidak terasa di MotoGP. Adalah pembalap Italia Valentino Rossi yang memperebutkan posisi juara MotoGP tahun ini dengan pembalab Spanyol Jorge Lorenzo. Peluang Rossi untuk merebut gelar juara menipis setelah insiden dengan pembalap Catalan, Marc Marquez.

Di GP Sepang, Marquez menuduh Rossi menendang motornya hingga akhirnya jatuh. Rossi membantah karena motor MotoGP itu sangat berat, tidak mungkin bisa jatuh oleh tendangannya. Insiden ini sangat merugikan Rossi. Di GP terakhir musim ini, Rossi dihukum harus memulai lomba paling belakang, yang sangat menyulitkan dalam persaingannya dengan Lorenzo.

Marc Marquez adalah pembalap Honda, sementara Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi adalah pembalap Yamaha. "Keberpihakan" Marquez pada Lorenzo disinyalir karena mereka sama-sama dari Spanyol. Walaupun Marc Marquez berasal dari Catalan, ternyata tetap punya rasa solidaritas sesama Spanyol.

GP terakhir musim ini berlangsung di Valencia, Spanyol. Jorge Lorenzo menjadi juara GP Valencia ini sekaligus juara MotoGP. Usaha Valentino Rossi mengejar tertahan hanya sampai posisi empat. Dua pembalap Catalan, Marc Marquez dan Dani Pedrosa di posisi dua dan tiga "melindungi" Lorenzo dari kejaran Rossi.

Jorge Lorenzo sendiri berasal dari Palma de Majorca. Kota ini terletak di kepulauan Balearic, yang jaraknya sekitar 250 km dari pantai Barcelona.

Referensi:

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Catalan_self-determination_referendum,_2014
2. http://www.goal.com/en/news/7157/euro-2016-qualifying/2014/10/11/5176396/pique-catalans-have-right-to-decide-on-independence
3. http://www.goal.com/en/news/1717/editorial/2014/10/09/5166416/independence-from-pique-barcelona-defender-under-fire-for
4. http://www.theguardian.com/sport/2015/nov/05/valentino-rossi-motogp-valencia-marc-marquez
5. http://www.bikesportnews.com/news/news-detail/motogp-sepang-rossi-accuses-marquez-of-playing-dirty-games
6. https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Catalans

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA