Monday 23 November 2015

... Dan Rafa Benitez Merasakan Tantangan Sebenarnya

Kekalahan 0-4 Real Madrid atas Barcelona 21 November 2015 bukanlah hal yang aneh. Barcelona lebih dominan dari Real Madrid dalam sepuluh tahun terakhir. Sejak musim 2005-2006, Barcelona sudah 6 kali menjadi juara la liga, sementara Madrid hanya 3 kali. Sementara untuk liga Champions, dalam sepuluh tahun terakhir Barcelona sudah empat kali menjadi juara, sementara Madrid hanya satu kali.

Kekalahan besar dari Barcelona bukanlah hal baru. Jose Mourinho juga merasakan kekalahan 0-5 pada 29 November 2010. Itu adalah partai el clasico pertama Jose Mourinho di la liga.

Tapi nyali Mourinho tidak ciut karena sebuah kekalahan telah. Madrid mungkin belum bisa bersaing dengan Barcelona di musim 2010-2011. Tapi di musim berikutnya, Mourinho mampu menyape gelar la liga dan copa del rey untuk Real Madrid.

Kebetulan Benitez memang sering menangani tim  yang pernah ditangani oleh Mourinho. Sebelum Real Madrid ada Inter Milan dan Chelsea. Hanya saja sejauh ini Mourinho selalu lebih berkilau saat menangani tim-tim tersebut.

Sepuluh tahun terakhir, ditengah dominasi Barcelona, hanya pelatih hebat yang mampu membawa Real Madrid berjaya. Gelar la liga datang dari pelatih sekaliber Mourinho, Fabio Capello dan Bernd Schuster. Gelar liga Champions juga direbut dibawah kepemimpinan, pelatih hebat.

Mampukah Benitez membuktikan dirinya cukup hebat untuk membawa Real Madrid berjaya dan mendatangkan gelar demi gelar?

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Real_Madrid_C.F.
https://en.wikipedia.org/wiki/FC_Barcelona
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_El_Cl%C3%A1sico_matches
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Real_Madrid_C.F._managers

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA