Wednesday 18 November 2015

Sebuah Pelajaran Manajemen Sepakbola Ala Pelatih Suharto

PS TNI memulai penampilannya di piala jenderal Sudirman pada 15 November 2015. PS TNI cukup diperhitungkan karena ada enam pemain alumni timnas U23 dan U19 yang bergabung dengan TNI. Tadinya diperkirakan kalau PS TNI akan segera mengandalkan para pemain muda berbakat ini dalam kiprahnya di piala jenderal Sudirman.

Sementara Suharto, pelatih PS TNI baru saja sukses menjuarai piala kemerdekaan bersama PSMS. Banyak dari pemain PSMS yang tampil di piala kemerdekaan ini berasal dari adalah anggota TNI. Menghadapi piala jenderal Sudirman, Suharto dipercaya untuk melatih PS TNI, dan sejumlah pemain PSMS yang anggota TNI itu dipanggil untuk bergabung dengan PS TNI.

Pelatih Suharto agaknya fokus untuk menjadikan tim PSMS yang sudah jadi sebagai dasar bagi PS TNI ini alih alih membuat sebuah PS TNI baru yang mengandalkan para eks pemain timnas U23 dan U19. Mungkin pelatih Suharto menyadari kalau membentuk tim yang bagus bukan pekerjaan mudah. Para pemain PSMS tetap menjadi andalan, sementara para eks pemain timnas U23 dan U19 harus membuktikan kemampuannnya dulu kalau ingin menembus tim inti.

Dari sebelas pemain yang diturunkan menghadapi Surabaya United sejak awal, delapan diantaranya adalah pemain PSMS. Mereka adalah Hardiantono, Wanda Syahputra, Wiganda Pradika, Legimin Raharjo, Asril Risahondua, Suhandi, M Guntur Triaji dan Tambun Naibaho. Hanya dua pemain eks timnas U23 yang bisa menembus tim inti, yaitu bek kiri Abduh Lestaluhu dan gelandang sayap Wawan Febrianto.

Di posisi penjaga gawang, Ravi Murdianto masih kalah bersaing dengan Dhika Bayangkara yang lebih senior. Bahkan Manahati Lestusen yang pemain timnas senior juga harus duduk di bangku cadangan. Manahati akhirnya masuk menggantikan Legimin Raharjo dan mencetak gol kedua PS TNI.

Referensi: 
http://bidhuan.com/2015/08/18/profil-dan-skuad-lengkap-24-tim-piala-kemerdekaan-2015/2/
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2015/11/15/17338582/preview-piala-jenderal-sudirman-surabaya-united-ps-tni
http://www.tribunnews.com/superball/2015/11/15/susunan-pemain-surabaya-united-vs-ps-tni
http://www.tribunnews.com/superball/2015/11/18/ps-tni-kami-memang-tim-amatir
http://medan.tribunnews.com/2015/10/20/dhika-bangga-gabung-psms

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA