Monday 9 November 2015

Setiap Peserta Piala Jenderal Sudirman Harus Memainkan Dua Pemain U21

Setiap peserta piala Jenderal Sudirman diharuskan memainkan dua pemain U21 sejak menit pertama. Demikianlah menurut Hasani Abdulgani, ketua pelaksana piala Jenderal Sudirman. Walaupun mendadak, tapi sepertinya respons klub-klub peserta relatif positif.

Memang pemain muda U21 jarang mendapat kesempatan di piala Presiden yang baru saja rampung. Bahkan para mantan pemain timnas U19 angkatan Evan Dimas tidak menorehkan hasil mengesankan di piala Presiden kemaren. Blog ini sudah membahasnya bulan lalu pada artikel ini.

Situasi tentunya cukup memusingkan untuk para pelatih. Mereka tiba-tiba harus mengintegrasikan dua pemain U21 ke tim inti. Ini adalah proses yang tidak mudah dan sangat mempengaruhi kinerja tim.

Persib, juara piala Presiden, baru memanggil sejumlah pemain U21 pada sabtu 7 November 2015 kemaren. Mereka adalah Sidik Permana, Sugianto, Ari Ahmad, Febri Haryadi dan Gian Zola. Persib punya waktu kira-kira sepekan hingga 15 November 2015 untuk mengintegrasikan para pemain tersebut kedalam tim.

Dengan demikian peta kekuatan berubah. Klub-klub yang diuntungkan adalah klub-klub yang sudah punya pemain U21 sejak di piala Sudirman lalu. Apalagi jika para pemain U21 itu selama ini memang diandalkan dan sering dimainkan.

Bali United Pusam sejak piala Presiden sudah mamainkan Ricky Fajrin dan Hendra Sandi. Begitu juga Surabaya United yang mengandalkan Putu Gede dan Evan Dimas. Kedua tim ini tidak perlu merombak untuk menghadapi piala jenderal Sudirman ini.

Mitra Kukar agaknya perlu belajar memberi kepercayaan lebih besar pada Mahdi Fahri Albaar, Rudolof Yanto Basna, Dinan Javier atau Septian David Maulana. Sriwijaya FC perlu mengintegrasikan seorang pemain U21 lagi menemani Ichsan Kurniawan. Klub-klub lainnya agaknya harus memaksimalkan skuad U21 mereka masing-masing.

Semoga dalam piala Jendral Sudirman ini kita melihat para eks timnas Garuda Jaya kembali bersinar, dan para pemain U21 lain juga memaksimalkan ajang ini untuk unjuk gigi.

Referensi:
1. http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2015/11/07/17072452/klub-peserta-piala-jenderal-sudirman-wajib-mainkan-pemain-u
2. http://bola.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-indonesia/15/11/07/nxg7i2299-persib-bandung-rekrut-pemain-u21

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA