Thursday 29 October 2015

Jürgen Klopp Kembali Jadi Momok Untuk Mourinho? - Big Match EPL pekan 11 Chelsea vs Liverpool

Chelsea akan menjamu Liverpool di Stamford Bridge pada sabtu 31 Oktober 2015. Pertandingan ini mempertemukan kembali manager Chelsea Jose Mourinho dengan dengan manager Liverpool Jürgen Klopp. Pertandingan berlangsung pada 19:45 WIB dutayangkan langsung oleh TV berbayar BeIN Sports 3.

Chelsea dalam kondisi yang jauh dari ideal. Juara bertahan EPL ini terpuruk di posisi 15 dengan catatan tiga kemenangan, dua seri dan lima kekalahan. Tak seperti tim Mourinho biasanya, Chelsea musim ini buruk sekali dalam hal pertahanan. Mereka sudah kebobolan 19 gol di EPL, yang hanya dibalas dengan 15 gol.

Situasi Jürgen Klopp masih lebih baik dari Mourinho. Tiga partai pertamanya memimpin Liverpool berakhir dengan hasil seri. Hasil seri 0-0 di markas Tottenham Hotspurs pada 17 Oktober 2015 disusul hasil 1-1 saat menjamu Southampton di pertandingan EPL lainnya pada 25 Oktober 2015 . Hasil seri 1-1 juga terjadi pada partai liga champions menjamu Rubin Kazan pada 22 Oktober 2015.

Setidaknya Jürgen Klopp sudah merasakan kemenangan bersama Liverpool. pada partai piala Capital One di Anfield, Liverpool sukses menekuk sesama klub EPL yaitu AFC Bournemouth. Gol tunggal kemenangan Liverpool dicetak oleh Nathaniel Clyne.

Dengan kondisi ini, tidak heran jika Liverpool lebih pantas diunggulkan untuk menundukkan Chelsea akhir pekan ini. Performa terkini tim merah ini lebih mantao dibanding lawannya, tim biru dari London. Apalagi Jürgen Klopp punya rekor bagus saat menghadapi Jose Mourinho.

Kedua manager hebat ini bertemu empat kali di liga Champions 2012-2013. Saat itu Mourinho memimpin Read Madrid, sementara Jürgen Klopp menangani Borussia Dortmund. Kiprah gemilang Jürgen Klopp  di liga Champions 2012-2013 mendongkrak reputasinya sebagai manajer kelas dunia.

Musim itu Madrid dan Dortmund tergabung di grup D bersama Manchester City dan Ajax. Robert Lewandowski dan Marcel Schmelzer mencetak gol kemenangan Borussia Dortmund saat menjamu Real Madrid. Madrid hanya membalas satu gol lewat Cristiano Ronaldo. Skor akhir 2-1 untuk Borussia Dortmund.


Sekitar dua pekan berselang, Madrid berusaha membalas di kandng sendiri. Tapi Dortmund justru sempat memimpin lebih dulu lewat Marco Reus dan own goal dari Alvaro Arbeloa. Madrid mampu dua kali menyamakan kedudukan lewat gol Pepe dan Mesut Özil. Skor akhir seri 2-2. Dortmund mengakhiri grup ini sebagai pemuncak, sementara Real Madrid harus puas hanya menjadi peringkat kedua.


Kedua tim bertemu kembali di babak semifinal. Klopp dan Dortmund tidak menyia-nyiakan kesempatan menjadi tuan rumah di partai pertama, Real Madrid dihantam 4-1 pada 24 April 2013. Keempat gol tuan rumah dicetak oleh Robert Lewandowski. Madrid hanya membalas satu gol lewat Criatiano Ronaldo.


Dalam partai balasan di Madrid empat hari kemudian, Madrid butuh tiga gol tanpa balas untuk bisa lolos ke final. Sayangnya, sampai sepuluh menit menjelang laga berakhir Madrid tak kunjung mencetak gol. Dua gol Pepe dan Karim Benzema di penghujung pertandingan tak cukup untuk membawa Madrid ke final.


Tiga musim lalu, Klopp lebih unggul dari Mourinho. Catatannya adalah dua kemenangan, satu hasil seri dan satu kekalahan. Musim itu Klopp membawa Dortmund menjadi runner-up liga Champions dan reputasinya pun menjulang. Sementara Mourinho sebaliknya angkat kaki dari Madrid di akhir musim.

Kembali ke partai Chelsea vs Liverpool akhir pekan ini, Jose Mourinho dalam posisi terjepit. Kekalahan pada Liverpool akhir pekan ini akan mengancam posisinya sebagai manajer Chelsea. Memang Chelsea penuh pemain bintang, tapi kondisi moral mereka sedang tidak baik akibat kekalahan demi kekalahan. Sungguh sebuah pertandingan yang berat untuk Jose Mourinho.


Referensi:
1. http://sport.detik.com/sepakbola/live?btsl
2. https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_Liverpool_F.C._season
3. https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_Chelsea_F.C._season
4. https://en.wikipedia.org/wiki/2012%E2%80%9313_UEFA_Champions_League_group_stage.
4. https://en.wikipedia.org/wiki/2012%E2%80%9313_UEFA_Champions_League_knockout_phase

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA