Saturday 3 October 2015

Santi Cazorla vs Juan Mata - Big Match EPL Pekan 8 - Arsenal vs MU

Manchester United berada dalam kondisi nyaman saat ini. Di akhir pekan ketujuh MU memuncaki klasemen sementara liga Inggris dengan 16 poin dari lima kemenangan, satu hasil seri dan satu kekalahan. MU memenangi empat partai terakhir di semua ajang, yaitu 3-2 melawan Southampton (20 September 2015, away, EPL), 3-0 melawan Ipswich Town (23 September 2015, home, piala liga), 3-0 melawan Sunderland (26 September 2015, home, EPL) dan 2-1 melawan Wolsburg (30 September 2015, home, liga champions).

Di awal musim MU sudah terlihat solid, tapi lini depan masih belum tajam. Kehadiran Anthony Martial di penghujung bursa transfer musim panas lalu sepertinya memang solusi yang tepat. Martial sudah mengoleksi empat gol di semua kompetisi dari enam penampilannya bersama MU, empat partai diantaranya bermain sejak menit pertama, dua partai lagi sebagai pengganti.

Arsenal, sebaliknya masih belum menemukan konsistensi performa musim ini. Di EPL mereka memang hanya tiga angka di belakang MU, yang artinya mereka akan menyamai perolehan poin MU jika menang pekan ini. Sebaliknya di liga Champions mereka melalui dua partai pertama dengan kekalahan.

Lebih mengkhawatirkan lagi adalah fakta bahwa Arsenal jarang mencatatkan kemenangan menghadapi tim besar musim ini. Mereka seri 0-0 dengan Liverpool (24 Agustus 2015, home, EPL) dan kalau 0-2 dari Chelsea  (19 September 2015, away, EPL). Di liga Champions mereka kalah 1-2 dari Dynamo Zagreb (16 September 2015, away) dan 2-3 dari Olympiacos (29 September 2015, home). Satu-satunya kemenangan melawan klub besar didapatkan di piala liga saat mengalahkan Tottenham Hotspurs 2-1 pada 23 September 2015 di White Hart Lane.

Tapi bagaimanapun juga Arsenal akan menghadapi MU di kandang sendiri, dan partai big match ini punya gengsi tersendiri. Arsenal punya amunisi yang cukup untuk menggempur MU. Jangan heran jika partai big match ini nantinya berlangsung dengan tensi tinggi.

Pemain kunci bagi Arsenal dalam partai ini, tak pelak lagi adalah Santi Cazorla. Arsenal saat ini masih belum konsisten dan agaknya belum menemukan keseimbangan antara serangan dan pertahanan. Disinilah pentingnya peran Cazorla untuk melindungi lini belakang bersama Francis Coquelin sembari menghubungkan permainan dengan lini serangan.

Statistik menunjukkan bahwa Cazorla adalah satu-satunya pemain Arsenal yang sudah diturunkan sejak menit pertama dalam 10 partai musim ini di semua kompetisi. Demikianlah tingginya tingkat ketergantungan Arsenal pada Cazorla. Santi Cazorla hanya diistirahatkan pada partai piala liga menghadapi Tottenham Hotspurs.

Satu hal yang mungkin sedikit membantu Cazorla adalah aroma Spanyol di Arsenal. Kedua bek sayap arsenal, Hector Bellerin dan Nacho Monreal, adalah warga negara Spanyol seperti Cazorla. Masih ada gelandang Mikel Arteta yang lebih sering muncul sebagai pemain pengganti. Di lini serangan ada Alexis Sánchez, pemain Chile yang tiga tahun merumput bersama Barcelona.

Di kubu MU ada pemain Spanyol lain yang punya peran besar. Formasi 4-2-3-1 memungkinkan Juan Mata menampilkan kualitasnya. Musim ini Mata sudah mencetak 4 gol di semua kompetisi.

Dibandingkan yang lainnya, Juan Mata memang sosok gelandang serang yang paling dapat diandalkan MU saat ini. Memphis Depay dan Anthony Martial masih pendatang baru di EPL. Kapten Wayne Rooney yang cukup banjir kecaman di awal musim masih berjuang untuk mengembalikan penampilan terbaiknya.

Pertandingan dijadwalkan berlangsung Ahad 4 Oktober 2015 22:00 WIB disiarkan langsung oleh SCTV.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA