Sunday 11 October 2015

Eder, Striker "Naturalisasi" Andalan Baru Timnas Azzuri

Kinerja Mario Balotelli bersama AC Milan belum meyakinkan pelatih Antonio Conte untuk memanggilnya ke timnas Italia. Sementara itu seorang striker lain mulai mencuri perhatian. Dia adalah Eder Citadins Martins, striker Sampdoria dan top skorer sementara serie A sampai minggu ketujuh dengan perolehan enam gol.

Eder adalah pemain kelahiran Brazil. Dia mempunyai darah Italia dan sudah mendapatkan kewarganegaraan Italia. Karena Eder tidak dipanggil ke timnas Brazil, timnas Italia punya kesempatan untuk memanggil striker 28 tahun ini.

Eder sudah berjuang berkarir di Italia sejak tahun 2006 sejak usia usia kira-kira 20 tahun. Eder bukanlah pemain yang dianggap sebagai talenta berbakat dari Brazil, dan harus berusaha membangun reputasinya sendiri. Eder empat tahun berjuang di serie B bersama Empoli dan Frosisone

Kesempatan bermain di serie A datang dari Brescia di musim 2010-2011. Dari 35 pertandingan, Eder mencetak 6 gol. Musim berikutnya Eder hijrah ke Cesena dan mencetak 2 gol dari 17 pertandingan. Kesempatan besar akhirnya datang bagi Eder setelah mendapat kesempatan bergabung bersama Sampdoria sejak 24 Januari 2012.

Di Sampdoria reputasi Eder melambung. Musim 2012-2013 Eder mencetak 7 gol dan 4 assist untuk Sampdoria. Musim berikutnya Eder mencatatkan 12 gol dan enam assist. Musim 2014-2015 Eder punya torehan 9 gol dan 4 assist. 

Penampilan Eder menarik perhatian Antonio Conte untuk memanggilnya ke timnas Italia. Debutnya berlangsung pada 28 Maret 2015 dalam pertandingan kualifikasi Euro 2016 saat Italia bertandang ke markas Bulgaria. Tampil menggantikan Simone Zaza, Eder mencetak gol dengan tembakan di luar kotak penalti di menit 84 yang membuat kedudukan menjadi sama kuat 2-2.



Prestasi Eder di awal musim 2015-2016 ini seolah menjadi pembenaran akan kepantasannya memperkuat timnas Italia. Eder adalah top skorer sementara serie A sampai minggu ketujuh dengan perolehan enam gol.Tentu saja top skorer sementara serie A layak memperkuat tim Azzuri. Pada 10 Oktober 2015 lalu Eder mencetak gol keduanya dari lima partai untuk Italia pada kualifikasi Euro 2016 saat timnas Italia bertandang ke Azerbaijan. Gol yang membuka kemenangan 3-1 Italia itu terjadi setelah Eder lolosan dari jebakan offside, menerima umpan terobosan dan menaklukkan kiper lawan. 




Menurut whoscored.com, kelebihan Eder adalah pada tembakan jarak jauh dan kualitas penyelesaian akhir. Eder tidak cukup tangguh di udara dan kurang piawai melepas umpan silang. Kontribusinya membantu pertahanan juga minim. Eder punya kualitas lain yaitu kemampuannya bermain sebagai gelandang serang, baik di sisi kanan, kiri atau di belakang striker.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA