Thursday 23 June 2016

Tidak Perlu 250 Juta Jiwa Untuk Jadi 16 Besar Eropa

"Masa dari 250 juta rakyat Indonesia susah sekali mencari 11 orang yang jago main bola?" Ini adalah jargon yang sering terdengar berulang-ulang dari tahun ke tahun, generasi ke generasi. Yang berubah hanya jumlah penduduk Indonesia yang makin lama makin banyak.

Kenyataannya, negara Eropa yang jumlah penduduknya besar seperti Russia malah tersisih, tidak lolos ke babak 16 besar Euro 2016. Padahal penduduk Rusia mencapai sekitar 146 ribu jiwa. Justru negara kecil Islandia yang penduduknya hanya sekitar 330 ribu justru lolos ke babak 16 besar.

Kenapa prestasi sepakbola negara kecil Islandia bisa lebih bagus dari negara besar seperti Rusia? Sederhana jawabannya karena 11 pemain terbaik Islandia memberikan penampilkan yang lebih baik dari 11 pemain terbaik Rusia. Fokusnya harusnya pada angka 11, bukan 250 juta, 146 juta atau 330 ribu.

Blog ini sudah pernah membahas mengenai fenomena pembinaan sepakbola di Islandia. Mereka punya infrasruktur belimpah dan banyak pelatih dengan kualifikasi bagus. Liga mereka berjalan dan pembinaan pemain muda juga berlangsung. Pemain-pemain Islandia sekarang berkompetisi di liga Inggris, Jerman, Perancis dan Belgia.

Pertanyaannya, bisakah Indonesia meniru Islandia?

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Iceland
https://en.wikipedia.org/wiki/Iceland_national_football_team
https://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia
https://en.wikipedia.org/wiki/Russia

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA