Wednesday 8 June 2016

Pertama Kalinya Slowakia Ke Putaran Final Piala Eropa

Slowakia lolos untuk pertama kalinya ke putaran final piala Eropa. Sejumlah pemain anggota skuad timnas sekarang pernah memperkuat Slowakia saat tampil di putaran final piala dunia 2010. Mereka adalah kiper Ján Mucha, bek Peter Pekarík dan Martin Škrtel serta para gelandang Vladimír Weiss, Stanislav Šesták, Miroslav Stoch, Marek Hamšík dan Juraj Kucka.

Walaupun bukan tim favorit, materi pemain Slowakia tidak bisa diremehkan. Mereka punya pemain-pemain yang berkompetisi di liga Inggris, Italia dan Jerman. Nama yang paling mentereng jelas Marek Hamšík, gelandang andalah Napoli di serie A.

Perjalanan Slowakia di kualifikasi Euro 2016 bermula pada 8 September 2014. Bertandang ke markas Ukraina, Slovakia mampu meraih kemenangan 1-0. Gol dicetak oleh Róbert Mak melewati pemain belakang lawan sebelum membawa bola ke arah gawang dan menembak. Róbert Mak bisa ditempatkan sebagai sayap atau gelandang serang, berkompetisi di Yunani bersama PAOK.



Kemenangan penting dengan skor 2-1 dicatat Slowakia di rumah sendiri pada 9 Oktober 2014. Diawali dari tendangan bebas dari luar kotak penalti, gelandang AC Milan Juraj Kucka membuka gol  untuk Slowakia. Tim juara bertahan piala Eropa yang menjadi lawan mereka sempat membalas lewat gol Paco Alcácer. Gol pamungkas dalam pertandingan ini dicetak oleh Mirosalav Stoch lewat sebuah sundulan enyambut umpan silang. Stoch saat terikat kontrak dengan klub Fenerbahçe di liga Turki.


Rentetan kemenangan berlanjut tiga hari kemudian. Bertandang ke markas Belarusia, Slowakia unggul lebih dulu lewat Marek Hamšík. Belarusia menyamakan kedudukan lewat gol Tomefei Kalachev. Gol kedua dari Hamšík disusul gol Stanislav Šesták menjadikan pertandingan ini berakhir 3-1. Stanislav Šesták adalah seorang penyerang yang bermain untuk Ferencvárosi TC. Sayang tidak ditemukan video youtube yang tepat untuk pertandingan ini.

Slowakia masih terus menang di pertandingan berikutnya pada 15 November 2014. Bertandang ke Macedonia, gelandang AC Milan Juraj Kucka memulai gol untuk Slowakia. Penyerang Adam Nemec melengkapi untuk menjadikan pertandingan ini berakhir 2-0 untuk kemenangan Slowakia.



Kemenangan atas tim tamu Luxemburg 3-0 pada 27 Maret 2015 berarti Slowakia memenangkan seluruh lima pertandingan putaran pertama babak kualifikasi Euro 2016. Adam Nemec kembali menyumbangkan gol memanfaatkan situasi kemelut. Vladimír Weiss melanjutkan mencetak gol kedua. Weiss adalah seorang pemain saayap yang merumput bersama tim Al Gharafa di liga Qatar. Aksi bek kanan Hertha Berlin, Peter Pekarík berujung pada gol pamunkas laga ini.


Pada partai kandang berikutnya pada 14 Jun1 2015, Slowakia memukul Macedonia 2-1. Tendangan bebas Kornel Saláta menjadi gol pertama dalam pertandingan ini. Marek Hamšík menggandakan keunggulan lewat sundulan menyambut umpan silang. Sayangnya pada video dibawah ini tidak ada rekaman gol balasan Macedonia yang dicetak oleh Ademi.


Spanyol menghentikan laju kemenengan Slowakia yang berlangsung enam partai berturut-turut. Menjamu Slowakia pada 5 September 2015, Spanyol membalas kekalahan mereka pada pertemuan pertama. Gol Jordi Alba dan Andrés Iniesta menjadikan partai ini berakhir 2-0 untuk kemenangan Spanyol.


Periode suram bagi Slowakia berlanjut. Partai berikutnya menjamu Ukraina tiga hari berselang berakhir seri 0-0. Ukraina adalah saingan Slowakia untuk dapat lolos dari grup ini setidaknya sebagai runner-up.

Kekalahan kembali menjumpai Slowakia pada 9 Oktober 2015. Menjamu Belarusia, tim tuan rumah harus menelan kekakalahan 0-1. Gol kemenangan Belarusia dicetak oleh Stanislaw Drahun.


Pertandingan pamungkas bertandang ke Luxemburg tiga hari kemudian jadi sangat menentukan. Marek Hamšík mencetak gol pertama lewat sebuah tembakan dari dalam kotak penalti. Adam Nemec menggandakan keunggulan untuk Slowakia. Gol ketiga dari Róbert Mak menjadikan skor 3-0 untuk Slowakia. Tapi Luxemburg menipiskan ketinggalan menjadi 3-2 lewat gol Mario Mutsch dan Lars Krogh Gerson. Di penghujung pertandingan Hamšík kembali mencetak gol untuk menjadikan Slowakia memenangkan pertandingan ini dengan skor 4-2. Slowakia lolos untuk pertama kalinya ke putaran final piala Eropa.


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/UEFA_Euro_2016_qualifying_Group_C
https://en.wikipedia.org/wiki/Slovakia_national_football_team
https://en.wikipedia.org/wiki/2010_FIFA_World_Cup_squads#Slovakia
https://en.wikipedia.org/wiki/R%C3%B3bert_Mak
https://en.wikipedia.org/wiki/Juraj_Kucka
https://en.wikipedia.org/wiki/Miroslav_Stoch
https://en.wikipedia.org/wiki/Marek_Ham%C5%A1%C3%ADk
https://en.wikipedia.org/wiki/Stanislav_%C5%A0est%C3%A1k
https://en.wikipedia.org/wiki/Adam_Nemec
https://en.wikipedia.org/wiki/Vladim%C3%ADr_Weiss_(footballer,_born_1989)
https://en.wikipedia.org/wiki/Peter_Pekar%C3%ADk
https://en.wikipedia.org/wiki/Kornel_Sal%C3%A1ta

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA