Friday 17 June 2016

Tentang Empat Posisi Ketiga Terbaik Euro 2016

Putaran final Euro 2016 yang sedang berlangsung diikuti oleh 24 tim yang dibagi atas enam grup, masing-masing grup dengan empat negara peserta. Fase grup ini berjalan dengan sistem setengah kompetisi. Dari sini 16 klub terbaik berhak untuk lolos ke babak 16 besar.

Peringkat pertama dan peringkat pertama masing-masing grup mendapat tiket lolos ke babak 16 besar. Karena ada enam tim peringkat pertama dan enam tim peringkat kedua, berarti masih ada empat jatah tersisa. Empat peringkat tiga terbaik berhak mendapatkan empat tiket tersebut.

Secara statistik, kita bisa memodelkan kalah semua tim peserta Euro 2016 ini dianggap sama kuat. Artinya, masing-masing dua tim yang bertemu punya kesempatan sama untuk menang, seri atau kalah. Peluang terjadinya kemenangan kira-kira 33.33%, peluang terjadinya kekalahan kira-kira 33.33% dan begitu juga peluang terjadinya hasil seri kira-kira 33.33%.

Secara matematis, ada 729 permutasi keadaan yang mungkin terjadi di fase grup. Fokus kita adalah pada posisi ketiga. Berapakah kemungkinan nilai yang dibutuhkan tim posisi ketiga agar bisa "aman" menempati empat posisi ketiga terbaik dan lolos ke babak 32 besar.

Dari sini, saya menggunakan Paques untuk komputasi selanjutnya. Paques adalah seorang perangkat lunak big data karya anak bangsa Indonesia. Probabilitas poin yang dimiliki tim peringkat ketiga dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Poin Probabilitas
6 1.10%
5 0.55%
4 39.78%
3 37.45%
2 18.66%
1 2.47%

Tim peringkat ketiga yang memiliki poin 5 atau 6 poin boleh optimis untuk lolos ke babak 16 besar. Probabilitas untuk hal tersebut terjadi terbilang kecil. Jika ada tim yang peringkat ketiga yang punya 5 atau 6 poin, kemungkinan besar tim tersebut akan melaju ke babak 16 besar.

Tim peringkat ketiga yang hanya mengumpulkan 1 atau 2 poin kemungkinan besar akan tersisih. Kebanyakan tim peringkat ketiga akan punya 3 atau 4 poin. Jadi Tim teringkat ketiga yang hanya mengumpulkan 1 atau 2 poin tidak punya harapan realistis untuk menjadi salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik dan lolos ke babak 16 besar.

Tim peringkat ketiga yang punya 4 poin cukup punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Akan lebih baik jika tim-tim tersebut memperbesar peluangnya dengan selisih gol yang mantap. Hal ini karena sesama tim peringkat ketiga yang punya 4 poin akan diurutkan berdasarkan selisih gol.

Tim peringkat ketiga yang punya 3 poin hanya bisa harap-harap cemas, bahkan jika selisih golnya bagus. Mereka masih punya peluang, tapi kecil. apalagi tim peringkat ketiga yang punya 3 poin hasil dari 1 kemenangan dan 2 kekalahan kemungkinan memiliki selisih gol minus.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA