Sunday 26 June 2016

Kembalinya Mario Gómez

Spanyol dan Jerman punya masalah yang sama menjelang Euro 2016 ini, yaitu menemukan striker pencetak gol yang tajam. Striker veteran Jerman Miroslav Klose sekarang sudah 38 tahun, sulit diandalkan sebagai andalan utama lini depan. Begitu juga Spanyol kesulitan untuk menemukan striker baru untuk menggantikan peran David Villa yang sudah melewatip terforma terbaiknya.

Kedua negara raksasa sepakbola ini ternyata menyelesaikan masalah ini dengan cara yang berbeda. Spanyol mempercayakan penyerang belia Alvaro Morata sebagai andalan baru di lini depan. Jerman justru memilih penyerang stok lama: Mario Gómez.

Mario Gómez sudah dipercaya bermain untuk VFB Stuttgart sejak usia 18 tahun. Ketajamannya cukup mengesankan untuk striker muda. Enam tahun bersama Stuttgart, Gómez mencetak 63 gol dari 121 pertandingan Bundesliga. Bersama Stuttgart, Gómez memenangkan gelar Bundesliga 2006-2007.

Masa jaya Mario Gómez adalah saat bergabung dengan Bayern Munich dari 2009 s/d 2013. Saat ini dia mampu mencetak 75 gol dari 115 pertandingan Bundesliga. Bersama Bayern, Gómez memenangkan gelar juara Bundesliga 2009-2010 dan 2012-2013, serta gelar juara liga champions  2012-2103. Sayangnya kedatangan Mario Mandžukić membuat Gómez memutuskan untuk hengkang.

Setelah itu karir Mario Gómez merosot. Dua musim di Fiorentina, Mario Gómez gagal bersinar. Musim ini Gómez dipinjamkan ke klub Turki Besiktas. Gómez tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk kembali bersinar dan membantu Besiktas menjuarai Superlig. Rekor gol Gómez di liga Turki sungguh mengesankan:26 gol dari 33 penampilan.

Setelah hampir empat tahun tak dilirik timnas, akhirnya tahun ini Mario Gómez kembali dipanggil. Hal ini tentunya tak lepas dari penampilan gemilangnya di Besiktas, dan juga minimnya sriker berkualitas yang dimiliki Jerman. Apalagi sebenarnya Gómez masih 30 tahun, masih berada di usia emas pemain bola.

Mario Gómez tidak menyian-nyiakan kesempatan emas ini. Sudah empat gol dicetaknya untuk timnas di tahun 2016 ini. Termasuk dua gol ke gawang Irlandia Utara dan Slowakiadi putaran final Euro 2016.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Mario_Gómez
https://en.wikipedia.org/wiki/Miroslav_Klose

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA