Thursday 30 June 2016

Menghadapi Adu Tendangan Penalti

Mungkin tidak ada yang suka dengan adu penalti. Skema penentuan pemenang di sistem gugur ini tidak disukai karena dinilai "untung-untungan". Sayangnya sampai saat ini belum ditemukan solusi yang lebih baik untuk menentukan pemenang jika hasil pertandingan tetap imbang setelah 2x45 menit plus perpanjangan waktu 2x15 menit.

Tapi untuk pemain dan pelatih sepakbola, adu penalti adalah sesuatu yang harus diantisipasi. Pada kenyataannya tidak jarang pertandngan ditentukan oleh rentetan tembakan 12 pas ini. Italia menjadi juara dunia 2010 setelah menundukkan Perancis lewat drama adu penalti. Musim ini Real Madrid menjadi juara liga champions lewat kemenangan adu penalti atas Atletico Madrid.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan data tentang lawan, bagaimana kecenderungan para pemain lawan melakukan tembakan penalti dan kecederungan kiper lawan bereaksi terhadap penalti. Apalagi video-video yang dibutuhkan mungkin bisa dicari di internet. Kegagalan penalti Sergio Ramos pada pertandingan Kroasia vs Spanyol di Euro 2016 ini disebut-sebut adalah karena peran Luca Modric, gelandang Kroasia dan rekan Ramos di Real Madrid. Modric yang sudah mengenal Ramos memberi "resep" pada kiper Kroasia Danijel Subasic.

Sebaiknya ada sesi khusus latihan penalti. Agar para penendang yang akan dipercaya untuk mengambil penalti bisa mengasah ketajaman tendangan penaltinya. Pada dasarnya gawang itu besar sekali sehingga tendangan penalti yang baik sulit untuk ditahan oleh kiper. Tendangan tenalti berupa tembakan keras ke bagian kiri atas atau kanan atas gawang misalnya teramat sulit untuk diselamatkan kiper manapun.

Dalam adu penalti, adalah wajar jika kiper kebobolan. Sebaiknya, kiper juga punya kesempatan menjadi pahlawan jika mmapu mementahkan tendangan penalti lawan. Misalnya keberhasilan kiper Portugal Rui Patricio memblok penalti Jakub Blaszczykowski sangat krusial dalam kemenangan Portugal mengalahkan Polandia di babak perempat final Euro 2016.

Referensi:
http://bola.kompas.com/read/2016/06/22/06170058/Peran.Modric.di.Balik.Kegagalan.Penalti.Ramos

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA