Saturday 4 June 2016

Albania Lolos Untuk Pertama Kalinya Ke Putaran Final Piala Eropa

Keberhasilan Albania lolos ke putaran final Euro 2016 agaknya diluar perkiraan. Albania sukses menyingkirkan tim yang diatas kertas lebih kuat seperti Denmark dan Serbia. Ini adalah untuk pertama kalinya Albania mampu lolos ke putaran final piala Eropa.

Albania memulai perjuangan di kualifikasi Euro 2016 dengan bertandang ke markas tim terkuat grup ini, Portugal. Tekanan demi tekanan para bintang Portugal gagal berbuah gol, sementara Albania justru sukses mencuri gol lewat Bekim Balaj. Gol penyerang klub Rijeka ini menjadi satu-satu gol di partai yang berakhir dengan kemenangan penting bagi Albania atas Portugal dengan skor 1-0.


Dalam partai di rumah sendiri pada 11 October 2014, Albania kembali harus menghadapi tim kuat, kali ini Denmark. Gelandang yang bermain untuk Nantes di liga Perancis, Ermir Lenjani,  mencetak gol pembuka di pertandingan ini. Sayangnya Albania gagal mempertahankan keunggulan karena tim tamu sukses membalas lewat Lasse Vibe. Pertandingan berakhir dengan skor seri 1-1.


Tiga hari kemudian Albania bertandang ke markas Serbia. Pertandingan terhenti sebelum babak pertama berakhir karena berbagai insiden yang terjadi,yang bisa disimak sendiri dari video dibawah ini. Berdasarkan keputusan Court of Arbitration for Sport (CAS), hal ini dinyatakan sebagai kesalahan pihak Serbia dan Albania diberi hadiah kemenangan menang 3-0.


Pertandingan kompetitif berikutnya bagi Albania adalah menjamu Armenia pada 29 March 2015. Mërgim Mavraj membuat kekeliruan sehingga bola bersarang di gawang sendiri. Bek asal klub Jerman 1. FC Köln ini menebusnya dengan mencetak gol lewat sundulan ke gawang Armenia. Penyerang Shkëlzen Gashi mencetak gol kemenangan Albania juga dengan sundulan membuat Albania memenangkan permainan ini dengan skor 2-1. Shkëlzen Gashi berkompetisi di Amerika Serikat bersama Colorado Rapids.


Pada 4 September 2015 Albania menjalani partai tandang ke Kopenhagen. Seperti pada pertemuan pertama, pertandingan inipun berakhir imbang. Kiper dari kedua tim tampil gemilang sehingga tidak ada gol yang terjadi di partai ini.


Tiga hari kemudian Albania harus menjamu tim terkuat di grup ini, Portugal. Kali ini rentetan serangan Portugal membuahkan hasil. Gol tunggal Miguel Veloso membawa Portugal unggul 1-0 dan Albania harus menelan kekalahan perdana di laga kualifikasi Euro 2016.


Di partai berikutnya Albania kembali mengalami kekalahan di markas sendiri. Pada tanggal 8 Oktober 2016 Serbia membalas kekalahan kontroversial mereka di pertemuan pertama. Gol dari Aleksandar Kolarov dan Adem Ljajić membawa Serbia unggul 2-0. Tapi walaupun begitu Albania tetap memastikan lolos ke putaran final Euro 2016 karena di hari yang sama saingan terdekat mereka Denmark juga kalah 0-1 dari Portugal.


Tiga hari kemudian, untuk partai terakhir yang tidak menentukan lagi, Albania menang 3-0 saat bertandang ke Armenia. Gol pertama adalah own goal dari pemain Armenia bernama Kamo Hovhannisyan. Gol kedua untuk Albania datang dari tendangan bebas Berat Djimsiti, seorang bek yang saat ini bermain untuk tim Atalanta di Italia. Gol ketiga dicetak oleh Armando Sadiku, penyerang yang merumput di Swiss bersama Vaduz.


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/UEFA_Euro_2016_qualifying_Group_I
https://en.wikipedia.org/wiki/Albania_national_football_team
https://en.wikipedia.org/wiki/Bekim_Balaj
https://en.wikipedia.org/wiki/Ermir_Lenjani
https://en.wikipedia.org/wiki/M%C3%ABrgim_Mavraj
https://en.wikipedia.org/wiki/Shk%C3%ABlzen_Gashi
https://en.wikipedia.org/wiki/Berat_Djimsiti
https://en.wikipedia.org/wiki/Armando_Sadiku






No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA