Monday 27 June 2016

Ampuhnya 3-5-2 ala Conte

Italia mungkin tidak begitu diperhitngkan di awal berlangsungnya piala Eropa ini. Dibandingkan generasi sebelumnya, tim Italia generasi ini miskin bintang. Apapalgi jika dibandingkan dengan Perancis, Spanyol, Belgia dan Jerman.

Tapi Conte mampu membawa Italia tampil mengejutkan. Mereka begitu solid saat mengalahkan Belgia 2-0 di pertandingan perdana. Kemenangan 2-0 atas juara bertahan Spanyol di babak 16 besar menunjukkan bahwa pencapaian mereka bukan hasil keberuntungan, tapi hasil dari skema dan strategi yang matang.

Conte memainkan formasi 3-5-2 untuk Italia. Formasi ini relatif kokoh di depan gawang dengan adanya tiga bek tengah, dan punya lini tengah yang tebal dengan tiga gelandang tengah. Lini yang rentan adalah sektor bek sayap kiri dan kanan yang harus selalu turun naik membantu pertahanan dan penyerangan.

Conte memanfaatkan koneksi Juventus di lini belakang. Kiper utama Gianlugi Buffon berasal dari Juventus, begitu juga tiga pilihan utama bek tengah: Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci dan Andrea Barzagli. Memang Conte sendiri adalah mantan pelatih Juventus.

Di posisi bek sayap, sepertinya Conte tidak begtu punya pemain favorit di putaran final Euro 2016 ini.Posisi bek kanan bisa ditempati oleh Alessandro Florenzi, Federico Bernardeschi atau Antonio Candreva. Begitupun bek kiri bisa ditempati oleh Mattia De Sciglio, Alessandro Florenzi atau Matteo Darmian.

Di tengah lapangan, pake andalan Conte sudah jelas: Daniele De Rossi, Marco Parolo dan Emanuele Giaccherini. Lini tengah ini sangat krusial untuk menjaga kekokohan pertahanan Italia dan untuk membangun gempuran ke gawang lawan. Sejauh ini lini tengah Italia sudah tampil baik, terutama acungan jempol harus diberikan pada Emanuele Giaccherini.

Duer penyerang andalan Italia adalah Eder dan Graziano Pelle. Eder sepertinya lebih berperan untuk menyambungkan permainan dari lini tengah dan sayap. Graziano Pelle tampil sebagai striker murni yang siap mengancam gawang lawan.

Dari lima gol yang sudah dicetak Italia, dua diantaranya dicetak Pelle dan satu oleh Eder. Gelandang Emanuele Giaccherini menyumbang satu gol. Sebuah gol lagi datang dari bek tengah Giorgio Chiellini.

Ada tiga assist yang sudah tercatat untuk Italia di Euro 2016, masing-masing atas nama Emanuele Giaccherini, Leonardo Bonucci dan penyerang pelapis Simone Zaza.

Referensi:
https://www.whoscored.com/Matches/1035187/Live
https://www.whoscored.com/Matches/1035190/Live
https://www.whoscored.com/Matches/1035191/Live
https://www.whoscored.com/Matches/1084641/Live

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA