Monday 6 June 2016

Gareth Bale Memimpin Wales Ke Euro 2016

Peran sentral Gareth Bale untuk Wales tak terbantahkan. Peran Bale untuk Wales mungkin lebih dominan dari peran Zlatan Ibrahimovic untuk Swedia. Bagaimana tidak, Bale memborong 7 dari 11 gol yang dicetak Wales selama babak kualifikasi.

Pemain Real Madrid adalah satu-satunya pemain Wales yang merumput di luar Britania Raya. Para pemain lain berkompetisi di EPL, championship dan liga Skotlandia. Agaknya lini tengah yang pantas jadi andalan.  Mereka punya Joe Allen (Liverpool), Aaron Ramsey (Arsenal) dan Andy King (Leicester City).

Partai pertama Wales di kualifikasi Euro 2016 adalah bertandang ke Andorra pada 9 September 2014. Andorra unggul lebih dulu lewat tendangan penalti Ildefons Lima. Dua gol Gareth Bale membawa Wales berbalik unggul dan memenangkan pertandingan ini dengan skor 2-1. Sayang tidak ada video highlight pertandingan ini ditemukan di youtube.

Berikutnya Wales menjamu Bosnia&Herzegovina pada 10 Oktober 2014. Tidak ada gol yang terjadi dalam pertandingan ini. Kedua tim harus puas masing-masing dengan satu angka.

Wales sukses menang di markas sendiri atas Cyprus tiga hari kemudian. Bola lambung David Cotterill ke kotak penalti gagal diantisipasi barisan belakang Cyprus. Gol ini diikuti oleh gol berikutnya dari Hal Robson-Kanu. Cyprus hanya bisa membalas satu gol lewat Vincent Laban.

David Cotterill bermain di posisi sayap untuk klub Birmingham City. Rekannya Hal Robson-Kanu adalah juga seorang pemain sayap, yang bermain untuk Reading. Hal Robson-Kanu juga bisa bermain sebagai striker.


Wales bertandang ke markas Belgia pada 16 November 2014. Pertandingan ini berakhir imbang tanpa gol. Merebut satu angka di markas tim kuat seperti Belgia jelas merupakan keuntungan bagi Wales.

Wales memetik kemenangan di partai berikutnya. Bertandang ke Israel pada 28 Maret 2015, sundulan Aaron Ramsey membuka skor untuk Wales. Gareth Bale lalu menggandakan keunggulan lewat tendangan bebas. Bale mencetak gol ketiga setelah bekerjasama dengan Ramsey, dan pertandingan ini berakhir dengan skor 3-0.


Wales mencatat kemenangan penting pada 12 Juni 2015. Menjamu tim kuat Belgia, Wales mampu unggul dengan skor 1-0. Gol dicetak oleh Gareth Bale yang mengontrol umpan lambung dengan dadanya, sebelum menyepaknya ke gawang lawan.


Wales tampil dominan pada partai tandang melawan Cyrus pada 3 September 2015. Rentetan serangan Wales berkali-kali mengancam gawang Cyprus. Gol untuk Wales akhirnya datang melalui sundulan pemain bintang mereka yang punya postur tinggi besar, Gareth Bale.

Setelah itu laju Wales melambat. Pada partai 6 September 2015 di Cardiff mereka ditahan Israel tanpa gol. Untungnya selisih jarak dengan para saingan seperti Bosnia&Herzegovina dan Israel cukup jauh.

Wales menelan kekalahan perdana di penyisihan Euro 2016 pada tanggal 10 Oktober 2015. Tuan rumah Bosnia&Herzegovina memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. Dua gol Bosnia&Herzegovina dicetak oleh Milan Đurić dan Vedad Ibišević. Untungnya Wales tetap dipastikan lolos setelah Israel tumbang melawan Cyprus pada hari yang sama.

Dalam partai yang sudah tidak menentukan lagi, Wales menjamu Andorra pada 13 Oktober 2015. Aaron Ramsey memanfaatkan situasi kemelut untuk mencetak gol pertama Wales. Gol kedua dari Gareth Bale menjadi gol pamungkas dalam pertandingan ini.



Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/UEFA_Euro_2016_qualifying_Group_B
https://en.wikipedia.org/wiki/Wales_national_football_team


https://en.wikipedia.org/wiki/David_Cotterill
https://en.wikipedia.org/wiki/Hal_Robson-Kanu

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA