Sunday 14 August 2016

Serge Gnabry, Pemain Cadangan Arsenal Yang Jadi Bintang Olimpiade 2016

Perekrutan Serge Gnabry mungkin adalah hal klasik bagi Arsenal. Kisah talenta yang sudah terlacak sejak masih sangat belia. Pemuda Jerman yang punya darah Pantai Gading sudah bergabung dengan Arsenal sejak usia 16 tahun di musim 2011-2012.

Pemuda yang berposisi sebagai pemain sayap ini menjalani tahapan demi tahapan pembinaan di Arsenal. Kompetisi U18 dan kompetisi tim cadangan sempat dijajal Gnabry. Pemuda yang larinya sangat kencang ini juga sempat berkiprah di NextGen Series.

Gnabry menjalani debut EPL pada 20 Oktober 2012 menghadapi Norwich City di Carrow Road. Pemain setinggi 173 cm ini mencetak gol EPL perdana ke gawang Norwich City musim berikutnya. Sampai akhir musim 2013-2014 karir Gnabry di Arsenal masih sesuai jalur.

Tapi Gnabry mengalami cedera parah di musim berikutnya, dan harus absen berbulan-bulan. Pasca cedera, Gnabry agak kesulitan untuk mendapatkan kesempatan bermain di tim utama Arsenal. Musim lalu dia sempat dipinjamkan ke west Bromwich Albion.

Untunglah bagi Gnabry, talentanya masih menarik perhatian di negaranya, Jerman. Alumni VfB Stuttgart dipercaya memperkuat timnas Jerman di olimpiade 2016. Memang usianya masih 21 tahun, memenuhi syarat untuk bermain di olimpiade.

Gnabry tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk bersinar. Dari empat partai yang sudah berlangsung, Gnabry sudah mencatatkan enam gol. Prestasi ini membawa Gnabry menjadi top skorer sementara di cabang sepakbola pria olimpiade Rio De Janeiro 2016.

Serge Gnabry selalu mencetak gol dalam empat partai yang sudah berlangsung. Gnabry mencetak gol pertama Jerman di pertandingan ini. Skor akhir pertandingan ini adalah seri 2-2.

https://www.youtube.com/watch?v=UJ6dSt4vxRU

Pertandingan kedua adalah menghadapi Korea Selatan. Cukup mengejutkan bahwa Korea Selatan bisa menahan Jerman dengan skor 3-3. Dalam pertandingan ini Gnabry mencetak gol pertama dan ketiga Jerman, sekaligus menyelamatkan Jerman dari kekalahan di babak injury time.

https://www.youtube.com/watch?v=c9hfMPHltms

Jerman memastkan diri lolos ke babak perempat final usah menghajar Fiji 10-0. Gnabry menjadi pemain pertama yang mencetak gol untuk Jerman. Gol keenam Jerman di pertandingan ini juga dicetak oleh Serge Gnabry.

https://www.youtube.com/watch?v=w0aJU_lEk70

Kemenangan atas Fiji agaknya memompa kepercayaan diri pemain-pemain Jerman. Mereka melanjutkan performa gemilang saat menekuk Portugal 4-0 di babak perempat final. Dalam pertandingan ini Gnabry kembali mencetak gol pertama untuk Jerman.

https://www.youtube.com/watch?v=Y6TvOcdCZio

Berikutnya Gnabry dan Jerman akan menghadapi Nigeria di di babak semifinal pada 18 Agustus 2016 jam 02:00 dinihari. Pemenang partai ini adalah akan tampil di final menghadapi pemenang partai semifinal Brazil vs Honduras.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Serge_Gnabry
http://livescore.com/soccer/summer-olympics-2012/
https://en.wikipedia.org/wiki/Football_at_the_2016_Summer_Olympics_%E2%80%93_Men%27s_tournament_%E2%80%93_Group_C

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA