Friday 19 August 2016

Guardiola Berjaya Di Kualifikasi Liga Champions Perdana Bersama Manchester City.

Pep Guardiola bisa dibilang adalah manejer sepakbola yang sangat beruntung. Manajer hebat seperti lain Alex Ferguson dan Jose Mourinhoo harus meniti karir dari klub kecil terlebih dahulu. Akah halnya Guardiola, klub-klub yang ditanganinya semuanya nama besar, yaitu Barcelona, Bayern Munich dan Manchester City.

Guardiola dipercaya menangani Barceloa di musim 2008-2009 menggantikan Frank Rijkaard. Memamng Guardiola lebih sukses dari Rijkaard, dilihat dari tiga gelar liga champions yang dimenangkannya. Menang Pep dianggap berhasil mematangkan pemain binaan akademi Barcelona seperti Lionel Messi,  Carlos Puyol, Xavi dan Iniesta. Tapi andil Rijkaard tidak bisa diabaikan karena dia meninggalkan pemain selevel Eric Abidal, Samuel Eto'o, Thierry Henry dan Ronaldinho.

Berikutnya, Pep memilih Bayern Munich di musim 2013-2014. Jupp Heynckes meninggalkan skuad yang menjuarai liga champions di musim sebelumnya. Tiga tahun bersama Pep, Bayern memang sangat dominan di Jerman, tapi mereka selalu gagal mengulangi kejayaan di liga champions.

Lalu Pep pindah ke Manchester City awal musim ini. Seperti juga Barcelona dan Bayern Munich, Manchester City juga klub besar dan kaya. Tapi mereka mereka tidak bisa dibilang mendominasi liga Inggris. Mungkin sukses bersama Manchester City adalah tantangan terbesar untuk Pep Guardiola.

Sebagai peringkat keempat EPL musim lalu, Manchester City harus melewati partai kualifikasi dulu untuk melaju ke liga champions. Yang menjadi lawan adalah Steaua Bukarest. Dalam pertandingan perdana di markas lawan pada tangal 16 Agustus 2016, Barcelona sukses mencetak kemenangan besar 5-0.

Sebenarnya debut Pep di liga champions juga bermula di babak penyisihan. Di musim 2008-2009 itu Barcelona harus menyingkirkan Wisla Krakow terlebih dahulu untuk lolos ke liga champions. Pep dan Barcelona sukses menjadi kampiun liga champions musim itu.

Referensi:https://en.wikipedia.org/wiki/Pep_Guardiola
https://en.wikipedia.org/wiki/2007–08_FC_Barcelona_season
https://en.wikipedia.org/wiki/2008%E2%80%9309_FC_Barcelona_season
https://en.wikipedia.org/wiki/2016%E2%80%9317_Manchester_City_F.C._season

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA