Sunday 7 August 2016

Mampukah Timnas Indonesia Menahan Imbang Brazil?

Musim yang buruk bagi sepakbola Brazil. Diawali dengan kegagalan di piala dunia 2014 di negeri sendiri, lalu terseok di kualifikasi piala dunia 2018. Yang terbaru, dua hasil seri tanpa gol di olimpiade Rio yang sedang berlangsung.

Dua tim semenjana sukses menahan imbang Brazil tanpa gol. Irak memang sempat menjadi juara Asia 2007, tapi setelah itu pamornya surut dibanding Jepang, Korea dan Australia. Sementara prestasi sepakbola Afrika Selatan juga tidak sebagus Pantai Gading,  Nigeria dan Aljazair.

Bagaimana dengan Indonesia, mampukah Indonesia menahan Brazil tanpa gol. Bukankah prestasi terbaik kita adalah keberhasilan menahan imbang Uni Soviet di tanpa gol di penyisihan olimpiade 1956. Mampukah generasi pesepakbola Indonesia saat ini meniru prestasi itu?

Sepertinya tidak. Kultur sepakbola kita adalah menyerang, bukan bertahan. Ironisnya, sementara hal ini tidak menjamin Timnas produktif mencetak gol,  lini belakang timnas tidak selalu rapuh.

Tapi kalau melihat rekor pertandingan Iraq, mereka juga sebenarnya jarang bisa bertahan dengan bagus sampai bisa clean sheet. Artinya, pertahanan kokoh saat menghadapi Brazil adalah strategi untuk partai saat itu. Para pemain Irak mampu tampil bagus karena mereka mampu tampil kompak mengimplementasikan strategi yang telah dipersiapkan.

Timnas Indonesia sendiri terakhir bertemu dengan Irak tahun 2013, di ajang prakualifikasi piala Asia 2015. Saat iu timnas kesulitan mempertahankan diri dari rentetan serangan Irak. Irak memenangkan partai perdana di Dubai pada 6 Februari 2013 dengan skor 1-0, dan partai lainnya di Jakarta 19 November 2013 dengan skor 2-0.

Mencetak gol memang hal terpenting dalam sepakbola, dan merupakan syarat utama meraih kemenangan. Tapi tidak kebobolan akan memastikan suatu tim meraih hasil positif. Apalagi saat berjalan dengan tim yang jauh kuat, hasil seri akan terasa bagaikan kemenangan.

Referensi:
http://www.fifa.com/live-scores/teams/country=irq/men/matches/index.html#year2013
https://www.youtube.com/watch?v=IPKsv0jDWI8
https://www.youtube.com/watch?v=jnOyslsakhE

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA