Wednesday 10 August 2016

Kemenangan Pertama Brazil di Olimpiade Rio De Janeiro 2016

Cabang sepakbola di olimpiade Rio De Janeiro 2016 punya arti khusus bagi Brazil. Sebagai tuanrumah, mereka berada pada posisi menguntungkan untuk mengincar gelar juara. Apalagi Brazil belum pernah sekalipun menjuarai cabang sepakbola di olimpiade.
Brazil punya tradisi mendidik talenta-talenta berbakat. Di generasi terkini ada Marquinhos (Paris Saint-Germain), Felipe Anderson (Lazio), Rafinha (Barcelona), Luan (Grêmio), Gabriel Barbosa (Santos) dan Gabriel Jesus (Palmeiras). Renato Augusto (Beijing Guoan) dan Neymar (Barcelona) ikut memperkuat tim ini mengisi jatah pemain senior.

Hanya saja sekarang bukanlah saat yang cerah bagi sepakbola Brazil. Mereka masih dihantui kegagalan di piala dunia 2014 yang juga berlangsung di rumah sendiri. Timnas senior Brazil juga gagal di Copa America 2016 dan terseok-seok di kualifikasi piala dunia 2018. Hal ini tentunya memberi tekanan bagi timnas Brazil yang tampil di olimpiade 2016 ini.

Dan ternyata Brazil tidak mengawali kiprahnya di olimpiade 201 ini dengan gemilang. Dua partai perdana berakhir imbang tanpa gol. Padahal yang menjadi lawannya adalah Afrika Selatan dan Irak, keduanya bukan negara kuat sepakbola.

Tapi situasi akhirnya berubah di pertandingan ketiga menghadapi Denmark. Brazil sukses mendominasi pertandingan dan menang dengan skor 4-0. Gol-gol kemenangan Brazil dicetak oleh Gabriel Barbosa (40'), Gabriel Jesus (40'), Luan (50') dan sekali lagi Gabriel Barbosa (80').


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Brazil_national_under-23_football_team
https://www.theguardian.com/sport/2016/aug/10/brazil-denmark-rio-olympic-soccer-football
http://livescore.com/soccer/summer-olympics-2012/group-a/denmark-u23-vs-brazil-u23/1-2217764/

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA