Saturday 17 May 2014

Jose Mourinho Jr bergabung dengan Fulham dan FIFA Menunda Hukuman Larangan Transfer Barcelona

Jose Mourinho Jr, seorang kiper remaja belia, telah menandatangani kontrak untuk bergabung dengan tim muda Fulham. Pemuda ini adalah putra dari manajer Chelsea Jose Mourinho. Jika Mou dijuluki "the special one", puteranya ini kadang dijuluki "the special son".

Tentu saja Jose Mourinho Jr adalah warga negara Portugal, dan usianya masih 14 atau 15 tahun. Bagaimana klub Inggris seperti Fulham bisa diizinkan merekrut pemain asing yang masih dibawah 18 tahun? Bukankah beberapa waktu yang lalu Barcelona dihukum FIFA karena sejumlah kasus perekrutan pemain asing dibawah umur? Kasus ini sudah dibahas sebelumnya di blog ini, simak http://membacaarahbola.blogspot.com/2014/04/kesalahan-barcelona-dimata-fifa.html.

Fulham meyakinkan FIFA kalau kedatangan Jose Mourinho Jr ke Inggris adalah untuk "non-footballing reason". Pemuda ini ada di Inggris karena mengikuti ayahnya yang pelatih terkenal, bukan untuk mengejar karir sepakbolanya sendiri. Karena itu FIFA bersedia merestui bergabungnya Mourinho muda ke Fulham.

Menarik dicatat kalau Fulham dan Chelsea itu masih satu "kelurahan" di London. Sebagai manajer Chelsea Mourinho tentu saja bisa memasukkan putranya di tim muda Chelsea. Situs goal.com mensinyalir Mou tidak melakukan hal itu untuk menghindari tuduhan nepotisme.

Dan kembali ke hukuman FIFA ke Barcalona, yang berupa larangan melakukan kegiatan transfer selama satu tahun. Barcelona tidak tinggal diam dengan hukuman yang menghambat persiapan mereka menghadapai musim depan. Barcelona bereaksi dengan mengajukan banding dan disinyalir akan membawa kasus ini ke pengadilan olahraga CAS  (court of arbitration in sport).

FIFA khawatir apabila kasus ini dibawa ke CAS, penyelesaian masalahnya butuh waktu lama. Sementara jendela transfer berikutnya akan segera dibuka. Karena itu FIFA memutuskan kalau hukuman Barcelona ditunda. Larangan transfer itu belum berlaku pada musim panas ini.

Barangkali FIFA khawatir masalahnya akan runyam jika hukuman itu tidak ditunda. Misalnya Barcelona dilarang melakukan aktivitas transfer pada bukan juni, juli dan agustus tahun ini. Lalu ternyata pada bulan Oktober CAS memutuskan kalau Barcelona tak bersalah. Lalu setelah itu Barcelona balik menuntut FIFA karena merugikan mereka dengan larangan transfer. Jadi mungkin penundaan hukuman Barcelona adalah keputusan yang tepat.

Dengan demikian Barcelona bisa menyelesaikan proses perekrutan Marc Andre Ter Stegen dan Allen Halilovic. Barca juga bisa mencari pengganti Carlos Puyol yang pensiun akhir musim ini, dan pemain-pemain lain yang diperlukan untuk musim depan.

Dengan demikian Barcelona bisa

Referensi:
1. Kontrak Jose Mourinho Jr dengan Fulham: http://www.goal.com/en-gb/news/2892/transfer-zone/2014/05/11/4809820/mourinhos-son-signs-student-terms-with-fulham.
2. Penundaan hukuman larangan transfer Barcelona: http://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-2611075/Barcelona-transfer-ban-suspended-FIFA-Catalans-free-summer-spree.html.
3. Foto stadion Nou Camp berasal dari http://thumbs.dreamstime.com/x/fc-barcelona-nou-camp-football-25379921.jpg.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA