Sunday 25 May 2014

Piala Dunia Tak Perlu Buku Panduan

Saya tidak menyarankan untuk membeli buku panduan piala dunia. Buku-buku ini sudah mulai banyak terlihat di toko buku. Sasarannya tentu saja penggemar sepakbola yang haus info akan piala dunia.

Alasan utama adalah karena informasi piala dunia sangat mudah didapat di zaman teknologi informasi ini. Cukup kunjungi situs resmi piala dunia di http://www.fifa.com/worldcup/. Data-data yang anda butuhkan tersedia gratis disini: tim yang berlaga berikut daftar pemainnya, pembagian grup, jadwal pertandingan, lokasi pertandingan dan sebagainya. Mungkin yang tidak tersedia disini hanya jadwal siaran langsung piala dunia oleh TV Indonesia :p.

Mungkin anda tetap ingin membeli buku itu karena praktis menghimpun semua data pada satu buku? Betul begitu, tapi dengan catatan data pada buku itu belum tentu update. Buku itu mungkin sudah buru-buru turun cetak untuk mengejar target waktu penjualan. Data yang tertulis di buku mungkin hanya berupa perkiraan.

Ambil contoh Inggris dan Italia. Timnas kedua negara ini sampai hari ini belum menentukan skuad 23 pemain yang akan dibawa ke piala dunia. Jadi nama-nama pemain Inggris dan Italia yang tertulis di buku panduan belum tentu 100% benar. Apalagi jika tiba-tiba ada pemain yang cedera dan posisinya terpaksa digantikan pemain lain.

Atau anda ingin membeli buku tersebut untuk mendapatkan analisis yang mendalam? Mereka mendapat data internet, menonton bola dari televisi dan mencari rekaman di live streaming. Fokus perhatian mereka juga sama saja seperti kita: EPL, seri A, la liga dan liga Champions. Pengetahuan mereka biasanya tidak cukup mendalam untuk liga Mexico, liga Honduras dan liga Ekuador.

Lagipula buku itu hanya akan berguna pada saat piala dunia berlangsung. Setelah piala dunia selesai, buku itu akan menjadi usang, Sekalipun buku tersebut tentang piala dunia 2014, buku tersebut tidak mendokumentasikan jalannya satu pun pertandingan putaran final piala dunia. Mengingat buku seperti ini harga lumayan mahal, bukankah ini merupakan satu bentuk pemborosan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA