Sunday 11 May 2014

Champions League vs Piala Dunia

Baru-baru ini Lionel Messi menyebutkan kalau dia tidak perlu memenangkan piala dunia untuk mematrikan namanya sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah. Setidaknya begitulah menurut goal.com. Sejauh ini Messi sudah memenangkan tiga trophi liga Champions, enam gelar La Liga, dua gelar piala dunia antar klub, sebuah medali emas olimpiade, dan banyak lagi prestasi lainnya. Namun untuk piala dunia Messi baru sampai babak 8 besar di tahun 2006 dan 2010. Dalam kedua kesempatan itu, Argentina dan Messi disingkirkan oleh Jerman.

Piala dunia umumnya dianggap sebagai ajang sepakbola paling bergengsi. Negara-negara besar bersaing memperebutkan puncak supremasi. Negara-negara yang lebih kecil bersaing untuk sekedar lolos ke putaran final piala dunia. Pemain-pemain dari seluruh dunia bersaing untuk terpilih memperebutkan tempat di timnas masing-masing, demi mimpi berlaga di piala dunia. Karena piala dunia dilangsungkan empat tahun sekali, sedangkan usia ideal pemain sepakbola kira-kira adalah 20 sampai 32 tahun, seorang pemain mungkin hanya punya peluang tiga atau empat kali kesempatan memenangkan piala dunia sepanjang karirnya.

Prestasi Cristiano Ronaldo di piala dunia tak jauh berbeda dengan Messi. Pemain yang bertahun-tahun bersaing Messi untuk gelar pemain terbaik dunia ini juga belum pernah menjuarai piala dunia. Prestasi terbaiknya di piala dunia adalah semifinal PD 2006, saat Portugal dikalahkan Perancis 0-1. Untuk liga Champions, CR7 sudah pernah memenangkannya tahun 2008 bersama Manchester united. Tahun ini CR7 berpeluang merebut gelar keduanya di liga champions jika klubnya Real Madrid sanggup menaklukkan Atletico Madrid di partai final yang akan berlangsung 24 Mei 2014 di Lisbon.

Sepanjang sejarah ada banyak pemain hebat yang pernah memenangkan liga Champions tapi tak pernah menjadi juara dunia. Raul Gonzales memenangkan tiga gelar liga Champions bersama Real Madrid, namun nirgelar bersama timnas Spanyol. Begitu juga Johann Cruyff yang punya tiga trophi Champions cup bersama Ajax. Perintis total football ini sempat membawa timnas Belanda melaju ke final piala dunia 1974, tapi tim Jerman Barat pimpinan Beckenbauer menumbangkan mereka 2-1.

Yang paling fenomenal adalah Alfredo di Stefano. Pemain ini memenangkan lima gelar Champions Cup bersama Real Madrid, sebuah rekor yang belum terpecahkan sampai saat ini. Di liga Spanyol, di Stefano memenangkan delapan gelar La Liga untuk Real Madrid. Sayang rekor luar biasa ini tak berimbas ke piala dunia. Di Stefano gagal membawa Spanyol lolos ke putaran final piala dunia 1958. Empat tahun kemudian Spanyol mampu lolos ke putaran final piala dunia 1962, tapi Di Stefano cedera saat putaran final berlangsung.

Sebaliknya, ada banyak pemain hebat yang pernah menjadi juara dunia tapi tak pernah merasakan menjadi juara liga Champions. Diego Maradona misalnya. Pahlawan Argentina saat memenangkan piala dunia 1986 itu relatif tidak terlalu sukses di level klub. Prestasi tertinggi El Diego di level klub adalah gelar juara piala UEFA 1989 bersama Napoli, plus dua gelar juara seri A.

Tentu saja Maradona bukanlah satu-satunya. Romario Faria dan Bebeto, duet penyerang Brazil saat menjadi kampiun piala dunia 1994 juga tak pernah menjadi juara liga Champions. Demikian juga halnya dengan Fabio Cannavaro, kapten Italia yang berjaya di piala dunia 2006.

Jose Mourinho berpendapat kalau liga Champions lebih penting dari piala dunia. Timnas negara manapun di piala dunia hanya dapat memanggil warga negaranya sebagai pemain. Sebaliknya, klub peserta liga Champions, dengan kekuatan finansial berlimpah, dapat merekrut pemain berkualitas dari negara apapun.

Apalagi klub-klub peserta liga Champions berlatih harian, sehingga kualitas permainan mereka lebih terjaga. Timnas-timnas peserta piala dunia dalam sebulan hanya bertanding satu atau dua kali. Kerjasama dan kekompakan timnas lebih sulit dibangun karena para pemainnya jarang berkumpul bersama.

Bandingkan timnas Spanyol yang tampil di final piala dunia dunia 2010 dengan tim Barcelona yang tampil di final liga Champions 2011. Kedua tim sama-sama memainkan Gerard Pique, Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Pedro dan David Villa. Yang mana dari kedua tim ini yang anda anggap lebih baik

Spanyol 2010
Iker Casillas (GK), Sergio Ramos (RB), Gerard Pique (CB), Carlos Puyol (CB), Joan Capdevilla (LB), Sergio Busquets (DM), Xabi Alonso (DM), Xavi Hernandez (AM), Andres Iniesta (RW), Pedro (LW), David Villa (FW)

Barcelona 2011

Victor Valdes (GK), Dani Alves (RB), Gerard Pique (CB), Javier Mascherano (CB), Eric Abidal (LB), Sergio Busquets (DM), Andres Iniesta (CM), Xavi Hernandez (CM), David Villa (RW), Pedro (LW), Lionel Messi (FW)

Jadi mana yang lebih bergengsi? Liga Champions atau Piala Dunia? Sudahlah. Kita nikmati saja keduanya :p

Referensi:

1. http://www.goal.com/en-za/news/4684/world-cup-2014/2014/05/10/4808131/messi-i-dont-need-to-win-world-cup-to-be-best
2. http://www.espnfc.com/news/story?id=788609&cc=4716
3. http://en.wikipedia.org/wiki/2010_FIFA_World_Cup_Final
4. http://en.wikipedia.org/wiki/2011_UEFA_Champions_League_Final
5. Foto diambil dari situs dreamstime.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA