Wednesday 14 May 2014

Pemain Atletico Madrid ke Piala Dunia, Ditolak Selecao, Diapresiasi La Furia Roja

Saat Indonesia memutuskan untuk tidak lagi melakukan naturalisasi pemain, Spanyol yang juara dunia dan juara Eropa justru punya pemain naturalisasi baru. Namanya Diego Costa, striker buas yang sedang mengibarkan namanya bersama Atletico Madrid. Performa Diego Costa tentu juga menjadi sorotan di  Brazil, negara kelahirannya. Sayangnya pelatih Selecao yaitu Luis Felipe Scolari sepertinya berat untuk memberi tempat pada Diego Costa, yang berarti mencoret salah satu dari penyerang tengah saat ini, yaitu Fred dan Jo. Sebagaimana diketahui, Fred dan Jo adalah penyerang tengah di skuad Brazil saat menjuarai piala Konfederasi 2013.

Akhirnya Diego Costa memutuskan untuk memperkuat tim nasional Spanyol. Keputusan yang mungkin tepat melihat teman-temannya pemain Brazil di Atletico Madrid semuanya tidak dipanggil oleh Selecao, walapun  Atletico Madrid berprestasi luar biasa musim ini. Filipe Luis, Joao Miranda dan Diego Ribas gagal menembus daftar 23 pemain Selecao yang akan berlaga ke piala dunia di tanah air mereka.

Dengan Marcelo sulit digeser dari posisi bek kiri pilihan utama, Filipe Luis harus bersaing dengan Maxwell untuk menjadi pelapis. Ternyata Scolari lebih memilih veteran seperti Maxwell. Bek tengah Joao Miranda pun serupa, sulit bersaing dengan Dante, David Luiz dan Thiago Silva. Agak mengejutkan bahwa posisi terakhir di sentral pertahanan timnas Selecao jatuh kepada Henrique dari Napoli. Akan halnya playmaker Diego Ribas, dia bukan pilihan utama di Atletico Madrid. Sulit baginya untuk bersaing dengan Oscar, Hernanes atau Willian.

Para pemain Atletico asal Spanyol lebih beruntung. Persaingan untuk menembus timnas La Furia Roja tidak lebih mudah, mungkin malah lebih berat dari persaingan di Selecao. Empat pemain Atletico beruntung menembus skuad 23 pemain La Furia Roja yang akan berlaga di piala dunia Brazil 2014. Mereka adalah dua penyerang Diego Costa dan David Villa, bek kanan Juanfran, dan gelandang Koke.

Nama pertama tentu Diego Costa, yang diharapkan menjadi mesin gol bagi Spanyol. David Villa juga dipanggil, mungkin karena Diego Costa baru sekali tampil untuk Spanyol dan penampilannya saat itu masih belum menggembirakan. David Silva musim ini mungkin kalah cemerlang dari Diego Costa, tapi striker veteran ini sarat pengalaman bersama timnas. David Villa ikut andil memenangkan piala Eropa 2008 dan piala Dunia 2010. Ketajamannya untuk timnas tak perlu diragukan. Villa adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk La Furia Roja dengan 56 gol.

Bek kanan Juanfran juga dipanggil ke skuad Spanyol ke piala dunia, menyingkirkan Alvaro Arbeola. Ini akan menjadi piala dunia pertama untuk Juanfran, dan juga untuk gelandang muda Koke Resurreccion. Koke bisa dibilang menyingkirkan bintang muda Real Madrid, Isco, dalam persaingan ke skuad piala dunia.



Catatan:

1. Indonesia menghentikan naturalisasi pemain: http://sidomi.com/243517/pssi-stop-naturalisasi-timnas-indonesia-untuk-aff-2014/.
2. Foto David Villa berasal dari http://thumbs.dreamstime.com/x/david-villa-atletico-de-madrid-action-spanish-league-match-against-rcd-espanyol-estadi-cornella-october-34610550.jpg.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA