Saturday 19 July 2014

Secara Individual, Jerman Tidak Uber Allez

Walaupun kalah di final melawan Jerman, Lionel Messi terpilih sebagai pemain terbaik piala dunia 2014. Jerman memamerkan teamwork yang dahsyat, tapi pemain terbaik piala dunia kali ini bukan Tony Kroos, Thomas Muller, Mats Hummel atau Manuel Neuer.

Di level Individu, Jerman belakangan tidak terlihat uber allez. Misalnya tahun 2013 saat Bayern Munchen sukses menjadi juara liga Champions, penghargaan pemain terbaik dunia FIFA Balloon d'Or tetap menyatakan Lionel Messi sebagai yang terbaik. Untuk kubu Bayern Munchen sendiri, publik menilai Arjen Robben dan Franck Ribery sebagai pemain kunci, bukan Neuer, Schweisteiger, Muller atau Kroos,

Pemain Jerman terakhir yang berstatus pemain terbaik dunia adalah Lothar Matthaus, pada tahun 1991, saat Matthaus membawa Internazionale menjuarai piala UEFA 1991. 1990, FIFA belum mengadakan pemilihan pemain terbaik dunia tahun 1990 saat Jerman Barat menjuarai piala dunia. Walaupun Jerman menjuarai piala Eropa 1996, yang berstatus pemain terbaik dunia 1996 adalah Ronaldo Luiz Nazario Da Lima yang tampil tajam bersama PSV Eindhoven. Bayern Munchen menjuarai liga Champions 2001, tapi gelar pemain terbaik dunia 2001 jatuh pada Luis Figo yang menjuarai La Liga bersama Real Madrid.

Kembali ke pemain terbaik piala dunia 2014. Lionel Messi mencetak 4 gol, lebih sedikit Thomas Muller (Jerman) mencetak 5, dan top scorer James Rodriguez (Kolombia) mencetak enam gol. Jika assist ikut dihitung, Messi hanya punya satu, sementara Muller membuat tiga assist dan James dua assist. Nilai positif Messi mungkin adalah peran sentralnya bagi Argentina. Rata-rata setiap pertandingan Messi tercatat membuat 3.3 key passes, lebih baik dari Muller (2.4) dan James (2.2). Penonton juga mungkin lebih menyukai aksi individual Messi yang rata-rata sukses melakukan enam dribel per pertandingan, jauh diatas Muller (1.7) dan James (3).

Setidaknya Jerman masih punya Manuel Neuer yang ditetapkan sebagai kiper terbaik piala dunia. Sudah sepantasnya untuk kiper tim juara dunia yang hanya kebobolan empat gol di piala dunia. Sementara Miroslav Klose mencatatkan diri sebagai top scorer piala dunia sepanjang sejarah dengan 16 gol. Rekor Klose itu bisa saja dipecahkan oleh Thomas Muller, mengingat sampai saat ini Muller sudah mencatatkan 10 gol dan umurnya baru 24 tahun.


Referensi:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/FIFA_Player_of_the_Year.
2. http://en.wikipedia.org/wiki/FIFA_Ballon_d%27Or.
3. http://www.whoscored.com/Regions/247/Tournaments/36/Seasons/3768/Stages/10274/PlayerStatistics/International-FIFA-World-Cup-2014.
4. http://en.wikipedia.org/wiki/Lothar_Matth%C3%A4us.
5. http://en.wikipedia.org/wiki/Lu%C3%ADs_Figo.
6. Foto Thomas Muller dari http://thumbs.dreamstime.com/x/thomas-muller-germany-21984162.jpg.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA