Tuesday 8 July 2014

Menjelang Semifinal PD 2014: Membandingkan "Angkatan Udara" Brazil Dengan Jerman

Masih berpikir kalau postur dan kekuatan fisik itu tidak penting? Perhatikan satu-satunya gol pada partai Jerman vs Perancis di perempat final PD 2014, bagaimana Mats Hummel (192 cm, 90 kg) menerjang melompat menyambut umpan lambung Tony Kroos, lalu menyundulnya ke gawang Hugo Lloris. Saking dahsyatnya terjangan Hummel, lawan duelnya Raphael Varane (191 cm, 76 kg) sampai terjatuh ke tanah.

Anda mungkin tidak heran mendengar kalau Jerman kuat dalam bola-bola atas. Tapi lawannya di semifinal, Brazil, juga tangguh di udara. Statistik menunjukkan bahwa dalam lima partai PD 2014 yang sudah perjalanan, tingkat keunggulan Brazil dalam duel udara adalah 63%, sementara Jerman 56%.

Andalan Brazil di udara adalah gelandang bertahan Luis Gustavo, sepasang centre back Thiago Silva dan David Luiz, serta dua penyerang Hulk dan Fred. Di pihak Jerman ada gelandang Thomas Muller dan para defender Benedikt Howedes, Per Mertesacker, dan dan tentu saja Mats Hummel. Bola-bola atas setidaknya bisa menjadi rencana cadangan jika gol tak terjadi lewat passing game.

Tapi Brazil punya dua masalah. Thiago Silva tidak dapat tampil kali ini karena akumulasi kartu kuning. Pemain andalan mereka yaitu Neymar yang biasa menjadi pengambil sepak pojok juga tidak tampil karena cedera.

Untungnya, Dante yang menggantikan Thiago Silva juga merupakan pemain yang tangguh di udara. Asalkan bisa segera menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan rekan-rekannya, Dante akan menjadi palang pintu yang kokoh, dan ancaman didepan gawang Jerman disaat sepak pojok. Apalagi dengan pengalaman lima tahun di Bundesliga, Dante tentunya mengenal para pemain Jerman yang semuanya pernah bermain di Bundesliga.

Masalah Brazil lebih pada skema permainan yang digunakan pasca cederanya Neymar. Brazil punya cukup pemain berbakat untuk menutup ketidakhadiran Neymar. Tentunya mereka sudah berlatih keras dengan skema permainan baru tersebut dalam beberapa hari terakhir ini.

Kendalanya, skema tanpa Neymar tersebut belum pernah teruji dalam pertandingan sebenarnya. Sementara lawan berikutnya adalah Der Panzer yang tidak punya masalah cedera yang signifikan.

Referensi.

1. http://www.whoscored.com/Teams/409/Show/Brazil-Brazil.
2. http://www.whoscored.com/Teams/409/Statistics/Brazil-Brazil.
3. http://www.whoscored.com/Matches/838669/Live.
4. http://www.whoscored.com/Players/93206.
5. http://www.whoscored.com/Teams/336/Show/Germany-Germany.
6. http://www.whoscored.com/Teams/336/Statistics/Germany-Germany.
7. Foto David Luiz dari http://thumbs.dreamstime.com/x/david-luiz-portrait-27347661.jpg.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA